Agustin, Ayu Candra (2017) Employing communicative board game to improve students' mastery in first and second conditional sentences / Ayu Candra Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin Ayu Candra. Employing Communicative Board Game to Improve Students Mastery in First and Second Conditional Sentences. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Nur Hayati S.Pd. M. Ed. Kata Kunci Communicative Board Game Grammar mastery First and Second Conditional sentences Dilihat dari hasil pre-test First and second conditional adalah materi yang paling sulit bagi Kelas A Jurusan Manajemen STIE Malangkuceswara Angkatan 2016/2017 yang tengah mengambil mata kuliah wajib General English II. General English II mempelajari struktur gramatikal dasar dan fungsinya. Materi first and second conditional diperlukan agar mahasiswa mampu membuat prediksi dan situasi hipotetikal dalam BahasaInggris. Hal ini sesuai dengan capaian pembelajaran di kampus tersebut yaitu menciptakan lulusan yang mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi bisnis global. Sayangnya rata-rata nilai kelas ini pada waktu pre-test hanya sebesar 35.5 dan partisipasi peserta didik rendah di kelas. Peneliti kemudian mencoba Communicative Board Game untuk mengatasi masalah pembelajaran mereka. Peneliti memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tes awal dan terakhir rencana pembelajaran dan lembar observasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa Communicative Board Game bisa meningkatkan nilai rata-rata kelas dari 35.5 menjadi 75.5. Langkah-langkah Communicative Board Game adalah (1) brainstorming serta review tentang materi First and Second Conditionals (2) mengelompokkan siswa masing-masing kelompok berisi 4-5 anggota (3) memperkenalkan Communicative Board Game dan aturan mainnya (4) siswa bermain Communicative Board Game selama 60 menit atau kurang lalu pengajar memonitor ketika para siswa bermain dan (5) memberikan umpan balik serta refleksi. Aturan main yang dipakai di sini menginstruksikan siswa untuk melempar dadu dan melangkahkan bidak dari kotak Start serta menyelesaikan kalimat atau menjawab pertanyaan. Ada beberapa perangkap seperti Miss a turn Go Back / Move Ahead 2 atau 4 langkah dan kembali ke START. Selama bermain siswa diizinkan menggunakan kamus dan saling membantu. Hasil kuesioner menunjukkan mayoritas siswa menyukai permainan tersebut dan menyatakan permainan tersebut membantu pembelajaran mereka. Peningkatan partisipasi di kelas juga tercapai dengan adanya Communicative Board Game. Namun akan lebih baik apabila game ini dipraktikkan di kelas yang lebih kecil sehingga konsentrasi siswa dan supervisi terhadap mereka bisa lebih terjaga. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dan kepala sekolah untuk menciptakan fun-learning. Selanjutnya diharapkan ada penelitian yang meneliti penerapan strategi Communicative Board Game di tingkat dan lokasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10834 |
Actions (login required)
View Item |