Pengembangan buku desain visual kostum karnaval Kisah Putri Gayatri untuk siswa SMA / Sunarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku desain visual kostum karnaval Kisah Putri Gayatri untuk siswa SMA / Sunarsih

Sunarsih (2019) Pengembangan buku desain visual kostum karnaval Kisah Putri Gayatri untuk siswa SMA / Sunarsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sunarsih 2019.PengembanganBukuDesain Visual KostumKarnavalKisahPutri GayatriuntukSiswa SMA. Program Studi Magister KeguruanSeni Rupa PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing Dr. MoeljadiPranata M.Pddan Dr. Ponimin M. Hum Kata kunci Bukudesain visual kostumkarnaval kisahPutriGayatri kesadaranbudayalokal. Pembelajarandenganadanyapenguatan-penguatanbudaya yang mengakar di masyarakat sepertikisahsejarahperkembanganmajapahitsebagaimandiketahuidarikitabPararatondandidukungolehberitakakawinNegarakertagama yang berisikisahadanyaPutriGayatrisebagaicikalbakalkeagungankerajaanMajapahit dapatdijadikansalahsatumateripembelajaransenirupa dimanadarikisahceriteratersebutdapatdilukiskandalambentukdesainkostumkarnaval yang unik. Dari mempelajariceriterainidiharapkandapatmemberikankesadaranbudayasiswa SMA yang semularendah belummemahamiartibudayabagaimanakeberlangsungankehidupandankejayaankerajaan yang besar di pulauJawajamandulu.Yangakhirnyadijadikansumberinspiratifdalamberkaryaseni. PadapenelitianPengembanganinidiperlukan model pengembangan yang nantinyadijadikansebagaipedomanataulangkah-langkahdalamsebuahpenelitian dimana model tersebutakanmenentukanbagaimana proses penelitian yang dilakukan. Prosedurpengembangan yang dilakukanmeliputitahapanalisis desain danpengembangan. Model 5D ialahrangkaian proses kegiatanpenelitiandanpengembangan yang terdiriatas 5 tahapan antara lain define data design develop dan disseminate. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar untuk guru dan siswa tentang desain viasual kostum karnaval yang berbasis budaya local cerita Putri Gayatri. Model pengembangan yang diterapkan adalah 5D. (Pranata 2013). Proses validasi produk yang dikembangkan menggunakan instrument berupakuesioner yang validasinya dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba pengguna buku dilakukan oleh dua orang guru sebidang dan 25 siswa SMA N 1 Gondang Tulungagung. Hasil validasi sebagai berikut (1) Data validasi pembelajaran dari ahli media mencapai 95 4 % dengan nilai reliabilitas 3 8 yang berarti masuk kategori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan (2) Data validasi materi dari ahli materi mencapai 84 8% dengan nilai reliabilitas 3 4 yang berarti masuk kategori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan. (3) Data validasi uji pengguna oleh guru seni rupa di SMAN 1 Gondang Tulungagung mencapai 94 2% dengan nilai reliabilitas 3 8 yang berarti masuk kategori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan. (4) Data uji pengguna oleh 25 siswa SMAN 1 GondangTulungagung mencapai 89 3% dengan nilai releabilitas 3 6 yang berarti masuk kategori valid dan reliable dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108332

Actions (login required)

View Item View Item