Mathematics teacher' pedagogic competences in CLIL based instruction at primary school Malang / Sarah Ariandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Mathematics teacher' pedagogic competences in CLIL based instruction at primary school Malang / Sarah Ariandari

Ariandari, Sarah (2019) Mathematics teacher' pedagogic competences in CLIL based instruction at primary school Malang / Sarah Ariandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Ariandari Sarah. 2019. Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Pada Kelas PBLK di Sebuah Sekolah Dasar Kota Malang. Thesis. Language Teaching Graduate Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M.Pd (II) Prof. Dr. Nurul Murtadho. M.Pd Kata Kunci pedagogik matematika PBLK Di era globalisasi memiliki keterampilan bahasa yang baik sangat penting. Sistem komunikasi terkait erat dengan pengembangan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi dalam sistem komunikasi di era globalisasi telah mengaburkan batas teritorial antar negara. Salah satu dampak dari fenomena ini adalah semakin pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Keempat kompetensi tersebut bersifat holistik dan integratif untuk kinerja guru. Dalam penelitian ini peneliti memilih kompetensi pedagogik untuk dipelajari karena kompetensi ini merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar kota Malang khususnya di kelas 3 Program Kelas Internasional. Kelas ini menerapkan PBLK (Pembelajaran Bahasa Lintas Kurikulum) di mana beberapa mata pelajaran seperti sains matematika dan sosial diajarkan menggunakan bahasa Inggris. PBLK menuntut para guru untuk menguasai tidak hanya mata pelajaran tetapi juga kompetensi dalam bahasa Inggris. Peneliti menyelidiki kompetensi guru Matematika dalam mengajar menyusun rencana pelajaran dan lembar kerja. Studi pra-liminary menunjukkan guru Matematika memiliki kinerja yang baik dalam mengelola kelas dan menggunakan berbagai jenis media. Pada saat itu guru tidak dapat menunjukkan rencana pelajaran karena dia mengaku guru kelas benar-benar melelahkan baginya. Dia harus membagi perhatiannya ke dalam kelas mata pelajaran dan juga rencana pembelajaran. Latar belakang pendidikannya sebagai mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris memaksanya memiliki waktu ekstra dalam belajar Matematika. Dia mengatakan dia tidak benar-benar nyaman dalam mengajar Matematika itu sebabnya peneliti tertarik untuk mengamati kompetensi dan kinerjanya di kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Peneliti mengumpulkan data menggunakan rubrik observasi dokumen dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah pada kompetensi guru dalam mengajar menyusun rencana pelajaran dan mengembangkan lembar kerja. Pendapat orang tua siswa kelas 3 juga termasuk dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah guru perlu lebih kreatif dalam mengembangkan lembar kerja bukan hanya yang berpusat pada buku. Untuk kompetensi mengajar guru perlu mengatur waktu dan tetap dengan rencana pelajaran. Secara keseluruhan kompetensi pedagogi guru Matematika telah memenuhi kriteria standar nasional dan internasional walaupun beberapa poin harus diperbaiki oleh guru dan staf kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108310

Actions (login required)

View Item View Item