Tanasuqu mawaadil lughah al-arabiyyah fil kutub almadrasiyyah bil manhaj addirasy fil madaril al ibtidaiyyah bi Malang / Dewi Latifah

Latifah, Dewi (2020) Tanasuqu mawaadil lughah al-arabiyyah fil kutub almadrasiyyah bil manhaj addirasy fil madaril al ibtidaiyyah bi Malang / Dewi Latifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latifah, Dewi. 2019. Keselarasan Materi Bahasa Arab (Unsur-Unsur Bahasa) dengan kurikulum yang dipakai di Madrasah Ibtidaiyyah se-Kota Malang. Tesis. Program studi Keguruan Bahasa Arab, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd (2). Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum. Kata Kunci: Keselasaran, Unsur-Unsur Bahasa, Kurikulum Buku ajar membawa dampak positif besar dalam pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, materi yang digunakan pada buku ajar harus sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab. dan salah satunya adalah memilih materi. Materi harus selaras dengan kurikulum yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tahap pertama harus mengetahui keselarasan materi bahasa yaitu unsur-unsur bahasa yang meliputi: kosakata, qowaid, dan empat keterampilan berbahasa yang ada dibuku ajar dengan kurikulum yang dipakai di tingkat dasar. Dan penelitian ini menggunakan buku ajar bahasa Arab yang dipakai di Madrasah Ibtidaiyyah se-kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keselarasan kosakata, Qowaid, dan empat Keterampilan bahasa dengan kurikulum yang dipakai di Madrasah Ibtidaiyyah se-kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Kedudukan peneliti dalam Penelitin ini adalah sebagai instrumen utama dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah (a) membaca secara keseluruhan dari segi kosakata, Qowaid, dan empat Keterampilan bahasa (b) Mencatat data-data yang ada dalam buku ajar (c) Mencatat/ memberi tanda pada data-data penelitian dan, (d) mendeskripsikan data penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Semua Materi kosakata ada yang selaras kecuali kosakata yang tidak selaras dengan tema yang ditentukan dan jumlah kosakata pada buku bahasa Arab untuk Marhalah Ibtida’iyah melebihi 300 kosakata sehingga sesuai dengan ketentuan kurikulum untuk Ibtida’iyah. (2) Materi qowaid pada buku bahasa Arab kurikulum KTSP selaras dengan kurikulum, tetapi ada tambahan materi tentang Fail, Fiil Madhi dan Isim Istifham mata dan madza dan juga adad, Isim Nakirah dan Isim Ma’rifat pada buku bahasa Arab kurikulum 2013, (3) Keterampilan bahasa yang selaras dengan buku ajar bahasa Arab adalah buku Belajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 dan buku Aku cinta Bahasa Arab kurikulum KTSP, akan tetapi pada maharah kitabah tidak ada materi tentang menyusun kalimat. Penelitian ini diharapkan bisa dijadikan acuan dalam memilih buku yang tepat sesuai dengan kurikulum yang dipakai disekolah, sehingga dapat memudahkan guru dalam mengajar dan juga memudahkan murid dalam belajar, dan hasil yang diperoleh dalam proses belajar mengajar bahasa Arab akan berhasil sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108308

Actions (login required)

View Item View Item