Developing computerized dynamic assessment on reading comprehension for eleventh graders of vocational high schools / Putri Ismayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing computerized dynamic assessment on reading comprehension for eleventh graders of vocational high schools / Putri Ismayana

Ismayana, Putri (2019) Developing computerized dynamic assessment on reading comprehension for eleventh graders of vocational high schools / Putri Ismayana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ismayana Putri. 2017. Developing Computerized Dynamic Assessment on Reading Comprehension for Eleventh Graders of Vocational High Schools. Thesis Graduated Program in Language Teaching State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. (II) Dr. Primardiana H. Wijayati M.Pd. Kata kunci computerized dynamic assessment reading comprehension tingkat sebelas sekolah menengah kejuruan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe on line penilaian kemampuan membaca bahasa Inggris secara komprehensif berdasarkan pada penilaian dinamis berbasis computer pada kelas sebelas sekolah menengah kejuruan. Pengembangan produk computerized dynamic assessment ini berdasarkan pada silabus dan analisis kebutuhan yang telah dilakukan diawal penelitian. Metode pengembangan dan penelitian diimplementasikan pada saat melaksanakan penelitian ini.Penggunaan teori pengembangan dan penelitian oleh Borg dan Gall pada penelitian ini dikolaborasikan dengan langkah pengembangan asesmen oleh Sulistyo. Pengembangan produk computerized dynamic assessment ini meliputi 1) analisis kebutuhan 2) penyusunan kisi-kisi 3) reviu ahli 4) penyusunan prototype (butir soal) 5) reviu ahli 6) uji lapangan 7) analisis butir soal 8) menginstal tes 9) reviu ahli 10) uji coba 11) produk akhir. Periode analisis kebutuhan merupaka periode yang sangat penting pada tahapan dalam penelitian ini.Dikarenakan karena di langkah inilah diketahui kebutuhan dan minat dari subyek yang terlibat pada penelitian ini.Langkah analisis kebutuhan dilaksanakan pada subyek siswa kelas sebelas sekolah menengah kejuruan di SMKN 2 Malang dan SMKN 5 Malang. Produk yang dikembangkan akan sangat berguna bagi siswa dan guru bahasa Inggris kelas sebelas terutama pada sekolah menengah kejuruan karena didasarkan pada silabus yang ada dan kebutuhan para siswa saat ini yang diungkap pada tahap analisis kebutuhan. Prototype produk yang dikembangan berdasarkan silabus kelas sebelas pada sekolah menengah kejuruan disusun menjadi dua tema meliputi undangan resmi dan eksposisi analitis.Pada masing-masing tema terdapat dua tipe tes.Tes tersebut adalah pilihan ganda dan tes rumpang. Pada setiap tema terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda yang terdiri dari satu jawaban benar dan 4 pengecoh serta tiga kalimat instruksi sebagai petunjuk bagi siswa dan untuk cloze test terdiri dari 20 rumpang. Masing-masing tes tersebut dijalankan selama 45 menit jadi total setiap tema adalah 90 menit. Produk tersebut kemudian diujikan pada langkah uji coba di SMKN 2 Malang dan SMKN 5 Malang.Setelah uji coba dilakukan pengembang kemudian merevisi beberapa poin berdasarkan pada masukan yang diberikan pada tahap ini dan produk akhir sebagai hasil dari penelitian ini. Peneliti menyarankan kepada sekolah tempat penelitian ini berlangsung untuk menggunakan produk ini sebagai latihan harian atau ulangan harian tiap tema. Kemudian untuk pengembang berikutnya juga disarankan bahwa prototype produk yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi pengembangan produk penilaian pada kemampuan bahasa tema dan tipe tes yang lain yang berdasarkan pada computerized dynamic assessment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108307

Actions (login required)

View Item View Item