Motivasi, prospek dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika di Program BIPA UM / Mohammad Hudha Nursyairofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi, prospek dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika di Program BIPA UM / Mohammad Hudha Nursyairofi

Nursyairofi, Mohammad Hudha (2020) Motivasi, prospek dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika di Program BIPA UM / Mohammad Hudha Nursyairofi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursyairofi Mohammad Hudha. 2019. Motivasi Prospek dan Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Amerika di Program BIPA UM. Tesis Program Studi Keguruan Bahasa. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata Kunci motivasi prospek kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi belajar mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM (2) prospek belajar mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM dan (3) kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM. Informasi-informasi ilmiah tersebut bermanfaat untuk diketahui oleh mahasiswa BIPA pengelola program BIPA dan pengajar BIPA sebagai rujukan untuk memperlakukan program BIPA sebagaimana mestinya. Selain itu penelitian ini juga bermanfaat untuk peneliti lain sebagai landasan untuk melakukan penelitian yang lebih kritis tentang motivasi prospek dan keterampilan berbahasa mahasiswa Amerika. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen. Data penelitian ini dikelompokkan menjadi lima kelompok data yakni (1) kutipan mahasiswa pada jurnal harian mahasiswa (2) kutipan guru pada jurnal mengajar (3) skor motivasi belajar mahasiswa dari hasil kuesioner (4) kutipan mahasiswa pada dokumen program CLS dan (5) skor hasil belajar mahasiswa pada laporan nilai akhir mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara dan (3) kuesioner. Berdasarkan analisis data ditemukan motivasi belajar prospek belajar dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika Program CLS di BIPA UM. Motivasi belajar ditunjukkan dalam sembilan indikator yaitu (1) perbedaan individu (2) keyakinan belajar bahasa (3) keadaan mental (4) gaya belajar (5) bahasa sasaran (6) budaya (7) komponen pembelajaran (8) tempat belajar dan (9) tagihan/ target belajar. Prospek belajar dikelompokkan menjadi lima yaitu (1) harapan untuk bisa mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang telah dimiliki (2) cita-cita untuk dapat memanfaatkan bahasa Indonesia di profesi penelitian dan bidang studi yang sedang jalani oleh mahasiswa (3) harapan untuk dapat berkomunikasi dengan komunitas/ masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar (4) harapan untuk mengerti memperdalam dan terlibat dengan budaya dan norma-norma di Indonesia dan (5) harapan untuk menciptakan pengalaman-pengalan baru yang menyenangkan. Kemampuan berbahasa ditunjukkan dalam dua aspek yaitu (1) aspek reseptif dan (2) aspek produktif. Hasil analisis data skor kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM menunjukkan bahwa seluruh mahasiwa mendapatkan skor rata-rata di atas 85. Berdasarkan hasil penelitian simpulan dikemukakan sebagai berikut. Pertama motivasi belajar ditunjukkan dalam sembilan indikator yaitu (1) perbedaan individu (2) keyakinan belajar (3) keadaan mental (4) gaya belajar (5) bahasa sasaran (6) budaya (7) komponen pembelajaran (8) tempat belajar dan (9) tagihan/target belajar. Kesembilan motivasi tersebut merupakan bagian dari motivasi internal dan eksternal. Kedua prospek belajar dikelompokkan menjadi lima yaitu (1) harapan untuk bisa mengambangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang telah dimiliki (2) cita-cita untuk dapat memanfaatkan bahasa Indonesia di profesi penelitian dan bidang studi yang sedang dijalani oleh mahasiswa (3) harapan untuk dapat berkomunikasi dengan komunitas/ masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar (4) harapan untuk mengerti memperdalam dan terlibat dengan budaya dan norma-norma di Indonesia dan (5) harapan untuk menciptakan pengalaman-pengalan baru yang menyenangkan. Hampir semua prospek mahasiwa Amerika tersebut memiliki kesamaan seperti mengasah dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang sudah dimiliki. Ketiga kemampuan berbahasa ditunjukkan dalam dua aspek yaitu (1) aspek reseptif dan (2) aspek produktif. Hasil analisis data skor kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM menunjukkan bahwa seluruh mahasiwa mendapatkan skor A (outstanding). Berdasarkan simpulan dapat diajukan dua saran sebagai berikut. Pertama bagi pengajar BIPA disarankan untuk mempertahankan performansinya karena kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika di BIPA UM sudah sangat baik. Kedua bagi mahasiswa Amerika disarankan untuk tetap bermotivasi tinggi dan berprospek baik sehingga pada akhirnya kedua hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108306

Actions (login required)

View Item View Item