Motivasi, prospek dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika di Program BIPA UM / Mohammad Hudha Nursyairofi

Nursyairofi, Mohammad Hudha (2020) Motivasi, prospek dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika di Program BIPA UM / Mohammad Hudha Nursyairofi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursyairofi, Mohammad Hudha. 2019. Motivasi, Prospek dan Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Amerika di Program BIPA UM. Tesis, Program Studi Keguruan Bahasa. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rizman Usman, M.Pd., (II) Dr. Gatut Susanto M.M., M.Pd. Kata Kunci : motivasi, prospek, kemampuan berbahasa Indonesia, mahasiswa Amerika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi belajar mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM, (2) prospek belajar mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM, dan (3) kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM. Informasi-informasi ilmiah tersebut bermanfaat untuk diketahui oleh mahasiswa BIPA, pengelola program BIPA, dan pengajar BIPA sebagai rujukan untuk memperlakukan program BIPA sebagaimana mestinya. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat untuk peneliti lain sebagai landasan untuk melakukan penelitian yang lebih kritis tentang motivasi, prospek dan keterampilan berbahasa mahasiswa Amerika. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen. Data penelitian ini dikelompokkan menjadi lima kelompok data yakni (1) kutipan mahasiswa pada jurnal harian mahasiswa, (2) kutipan guru pada jurnal mengajar, (3) skor motivasi belajar mahasiswa dari hasil kuesioner, (4) kutipan mahasiswa pada dokumen program CLS, dan (5) skor hasil belajar mahasiswa pada laporan nilai akhir mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah (1) pedoman observasi, (2) pedoman wawancara, dan (3) kuesioner. Berdasarkan analisis data, ditemukan motivasi belajar, prospek belajar, dan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Amerika Program CLS di BIPA UM. Motivasi belajar ditunjukkan dalam sembilan indikator, yaitu (1) perbedaan individu, (2) keyakinan belajar bahasa, (3) keadaan mental, (4) gaya belajar, (5) bahasa sasaran, (6) budaya, (7) komponen pembelajaran, (8) tempat belajar, dan (9) tagihan/ target belajar. Prospek belajar dikelompokkan menjadi lima, yaitu (1) harapan untuk bisa mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang telah dimiliki, (2) cita-cita untuk dapat memanfaatkan bahasa Indonesia di profesi, penelitian dan bidang studi yang sedang jalani oleh mahasiswa, (3) harapan untuk dapat berkomunikasi dengan komunitas/ masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar, (4) harapan untuk mengerti, memperdalam dan terlibat dengan budaya dan norma-norma di Indonesia, dan (5) harapan untuk menciptakan pengalaman-pengalan baru yang menyenangkan. Kemampuan berbahasa ditunjukkan dalam dua aspek, yaitu (1) aspek reseptif dan (2) aspek produktif. Hasil analisis data skor kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM menunjukkan bahwa seluruh mahasiwa mendapatkan skor rata-rata di atas 85. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dikemukakan sebagai berikut. Pertama, motivasi belajar ditunjukkan dalam sembilan indikator, yaitu (1) perbedaan individu, (2) keyakinan belajar, (3) keadaan mental, (4) gaya belajar, (5) bahasa sasaran, (6) budaya, (7) komponen pembelajaran, (8) tempat belajar, dan (9) tagihan/target belajar. Kesembilan motivasi tersebut merupakan bagian dari motivasi internal dan eksternal. Kedua, prospek belajar dikelompokkan menjadi lima, yaitu (1) harapan untuk bisa mengambangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang telah dimiliki, (2) cita-cita untuk dapat memanfaatkan bahasa Indonesia di profesi, penelitian dan bidang studi yang sedang dijalani oleh mahasiswa, (3) harapan untuk dapat berkomunikasi dengan komunitas/ masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar, (4) harapan untuk mengerti, memperdalam dan terlibat dengan budaya dan norma-norma di Indonesia, dan (5) harapan untuk menciptakan pengalaman-pengalan baru yang menyenangkan. Hampir semua prospek mahasiwa Amerika tersebut memiliki kesamaan seperti mengasah dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang sudah dimiliki. Ketiga, kemampuan berbahasa ditunjukkan dalam dua aspek, yaitu (1) aspek reseptif dan (2) aspek produktif. Hasil analisis data skor kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika program CLS di BIPA UM menunjukkan bahwa seluruh mahasiwa mendapatkan skor A (outstanding). Berdasarkan simpulan, dapat diajukan dua saran sebagai berikut. Pertama, bagi pengajar BIPA, disarankan untuk mempertahankan performansinya karena kemampuan berbahasa mahasiswa Amerika di BIPA UM sudah sangat baik. Kedua, bagi mahasiswa Amerika, disarankan untuk tetap bermotivasi tinggi dan berprospek baik, sehingga pada akhirnya kedua hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108306

Actions (login required)

View Item View Item