Developing a guidebook of the parliamentary debate strategy for teaching speaking in senior high school / Ulil Fuadah

Fuadah, Ulil (2020) Developing a guidebook of the parliamentary debate strategy for teaching speaking in senior high school / Ulil Fuadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fuadah, Ulil. 2019. Developing A Guidebook of Parliamentary Debate Strategy for Teaching Speaking in Senior High School. Tesis, Program Studi Keguruan Bahasa, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sri Rachmajanti, Dip. TESL., M.Pd., (2) Francisca Maria Ivone, S.Pd., M.A., Ph.D. Keywords: Buku Panduan, Debate Parlementer, Mengajar Kompetensi Berbicara. Mengajar kemampuan berbicara bahasa asing merupakan salah satu tugas yang cukup berat bagi guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. Guru membutuhkan strategi yang tepat agar pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengajar kemampuan berbicara adalah strategi debat parlementer. Sayangnya, referensi yang dapat digunakan oleh guru untuk mengimplementasikan strategi tersebut masih sangat terbatas. Oleh karean itu, tesis ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan strategi debat parlementer untuk membantu guru dalam menerapkan strategi tersebut dengan cara yang lebih efektif dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan model penelitian Design Based Research yang meliputi tahap Analisis, Prototipe, Evaluasi, dan Refleksi. Penelitian awal dilakukan dengan menyebarkan angket elektronik ke guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas. Sebanyak 22 guru bahasa Inggris telah mengisi angket tersebut. Kemudian, tahap analisis dilakukan dengan mewawancarai guru dan mereview beberapa sumber yang terkait. Selanjutanya, tahap prototipe dilakukan melalui proses desain dan pengembangan. Untuk mengevaluasi produk, peneliti melakukan validasi konten dengan melibatkan tiga ahli, validasi media oleh satu ahli, dan ujicoba produk ke tiga guru dari tiga sekolah yang berbeda. Berdasarkan hasil validasi ahli konten, buku panduan tersebut memeperoleh nilai 91%, sementara hasil dari validasi ahli media memperoleh nilai 93.4%, yang berarti buku tersebut dapat digunakan, namun dengan beberapa perbaikan. Setelah selesai pada tahap revisi, buku teresebut diuji cobakan oleh tiga guru. Hasil dari uji coba buku mendapatkan nilai 92.04% yang mengindikasikan bahwa buku tersebut suda layak publikasi dan dapat digunakan guru bahasa Inggris. Meskipun buku panduan ini dikategorikan dalam produk yang sudah layak digunakan, tetapi masih ada beberapa kekurangan. Buku panduan strategi debat hanya dapat digunakan untuk materi bahasa Inggris seperti teks eksposisi hortatori/analitis, atau teks argumentasi saja. Selain itu, buku panduan ini tidak hanya berfokus pada pemaparan prosedur mengajar, namun juga membahas tentang landasan teori debat parlementer dalam konteks yang sebenarnya. Kemudian, tampilan buku dapat dikembangkan lebih menarik lagi oleh peneliti selajutnya dengan meminta ahli desain buku untuk mengerjakannya, mengingat desain buku ini dikerjakan oleh peneliti sendiri yang notabene bukan ahli dalam mendesain buku. Terakhir, untuk memenuhi tuntunan di era digital, peneliti selanjutnya bisa mengembangkan produk ini dengan memasukan unsur-unsur digital, atau bahkan dapat mengembangkan produk ini dalam bentuk digital seutuhnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108302

Actions (login required)

View Item View Item