Pengembangan mobile learning dengan teknik gamifikasi dan teknologi speech recognition untuk melatih pelafalan bagi mahasiswa program BIPA / Teguh Arie Sandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning dengan teknik gamifikasi dan teknologi speech recognition untuk melatih pelafalan bagi mahasiswa program BIPA / Teguh Arie Sandy

Sandy, Teguh Arie (2019) Pengembangan mobile learning dengan teknik gamifikasi dan teknologi speech recognition untuk melatih pelafalan bagi mahasiswa program BIPA / Teguh Arie Sandy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sandy Teguh Arie. 2019. Pengembangan Mobile Learning dengan Teknik Gamifikasi dan Teknologi Speech Recognition untuk Melatih Pelafalan Bagi Mahasiswa Program BIPA. Tesis S2 Teknologi Pembelajaran PUniversitas Negeri Malang Pembimbing (1) Saida Ulfa S.T. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Agus Wedi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Mobile Learning Gamifikasi Speech Recognition Mobile learning merupakan pembelajaran yang memungkinkan belajar di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat mobile smartphone. Program kursus dan pelatihan BIPA memiliki tujuan untuk membantu mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning yang valid dan efektif untuk digunakan oleh mahasiswa program BIPA. Pengembangan mobile learning ini menggunakan model pengembangan Lee Owens yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan dan analisis awal akhir (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program BIPA kelas Thailand Universitas Negeri Malang. Aplikasi ini divalidasi oleh 1 orang ahli media 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli pembelajaran gamifikasi. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil sebanyak 4 orang dan uji coba lapangan sebanyak 18 orang mahasiswa. Aplikasi mobile learning ini dinyatakan valid dengan hasil validasi dari ahli media sebesar 91% ahli materi 90 67% ahli pembelajaran gamifikasi sebesar 97 33% uji coba kelompok kecil sebesar 76% dan uji coba lapangan sebesar 79 78%. Aplikasi mobile learning ini dinyatakan efektif yang dibuktikan dengan nilai progres belajar mahasiswa yang menyelesaikan gamifikasi sebanyak 15 orang atau sebesar 83 33% setelah menggunakan aplikasi mobile learning yang dibuat. Saran pengembangan berikutnya agar mengembangkan aplikasi mobile learning yang disesuaikan dengan negara peserta program BIPA (multi bahasa).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108269

Actions (login required)

View Item View Item