The teaching of argumentative writing in English Departemen Of State University Of Malang: a case study / Sity Nurjannatun - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of argumentative writing in English Departemen Of State University Of Malang: a case study / Sity Nurjannatun

Nurjannatun, Sity (2017) The teaching of argumentative writing in English Departemen Of State University Of Malang: a case study / Sity Nurjannatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurjannatun Sity. 2017. Pengajaran Argumentatif Writing di Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang Studi Kasus. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Enny Irawati M.Pd. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci argumentative writing pendekatan pengajaran menulis peran dosen Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan pengajaran di kelas menulis. Namun tidak banyak yang menjelaskan bagaimana dosen mengplikasikan pendekatan tersebut di kelas dan apa saja peran dosen selama proses pengajaran menulis. Terlepas dari kenyataan bahwa peran dosen dalam mengajar menulis penting beberapa dosen berhasil tapi sayangnya beberapa tidak dalam mengajar. Mempelajari bagaimana pengajaran menulis dilakukan oleh dosen atau guru yang berpengalaman sangatlah penting agar bisa menjadi model bagi pengajar yang lain. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan pengajaran menulis di kelas argumentative writing di Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan yang digunakan di kelas dan peran dosen selama proses pengajaran. Penelitian ini memiliki dua sub-pertanyaan (1) Pendekatan apa yang digunakan dalam kelas Argumentative Writing (2) Apa peran dosen dalam proses pengajaran Argumentative Writing Peneliti melakukan penelitian deskriptif-kualitatif khususnya studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan empat instrumen yaitu catatan lapangan checklist observasi panduan wawancara dan kuisioner. Data diperoleh dengan observasi kelas dan wawancara dosen. Pengamatan dilakukan selama 13 pertemuan dimulai dari 17 Maret 2017 sampai 8 Mei 2017 dan wawancara dosen dilakukan pada 22 Maret 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Writing Process Approach diaplikasikan di kelas ini dengan melalui lima tahap yaitu pra-penulisan penyusunan revisi pengeditan dan penerbitan. Proses tersebut mengikuti lima tahap Writing Process Approach (Tompkins 2010). Dalam proses penulisan dosen memainkan delapan peran yang diusulkan oleh Harmer (2007). Akan tetapi ada empat peran yang sering dimainkan oleh dosen organisator penilai pengingat dan sumber informasi. Peran yang dimainkan memenuhi empat peran penting dalam pengajaran menulis yang diajukan oleh Harmer (2007) yaitu motivator sumber informasi dan pemberi umpan balik. Sementara itu peran motivator disertakan dalam setiap peran yang diambil yang ditemukan dalam setiap langkah penulisan. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran Argumentative Writing di kelas ini berjalan baik dan bisa menjadi model pengajaran bagi dosen-dosen lain dalam kelas menulis. Akan tetapi karena peran sebagai pengamat paling sedikit diambil oleh dosen maka disarankan agar dosen memberi perhatian lebih saat mahasiswa menulis di kelas. Selanjutnya bagi peneliti selanjutnya disarankan agar mendeskripsikan juga instruksi pengajaran menulis lainnya seperti rencana pembelajaran serta materi dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item