Kontribusi kepercayaan diri, kepribadian (extraversion dan openness), dan keterampilan asertif terhadap komunikasi interpersonal siswa SMP negeri se-kabupaten Tulungagung / Brigita Dewanti

Dewanti, Brigita (2019) Kontribusi kepercayaan diri, kepribadian (extraversion dan openness), dan keterampilan asertif terhadap komunikasi interpersonal siswa SMP negeri se-kabupaten Tulungagung / Brigita Dewanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewanti, Brigita. 2019. Kontribusi Kepercayaan Diri, Kepribadian (Ekstraversion dan Openness), dan Keterampilan Asertif Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Tesis, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Adi Atmoko, M. Si, (2) Dr. Arbin Janu, S., S. Pd., M. Pd Kata Kunci : kepercyaan diri, kepribadian (ekstraversion dan openness), keterampilan asertif, komunikasi interpersonal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepercyaan diri, kepribadian (Ekstraversion and Openness), keterampilan asertif, komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Jumlah responden yang digunakan 394 siswa. Peneliti menggunakan uji regresi parsial untuk menguji hipotesis serta mengetahui kontribusi masing-masing variabel bebas untuk menerangkan variabel terikat. Dengan teknik regresi berganda dapat diketahui kontribusi keseluruhan variabel, apakah semua variabel independen memiliki kontribusi terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan empat instrumen, yaitu: kepercayaan diri, kepribadian (Ekstraversion and Openness), keterampilan asertif, dan komunikasi interpersonal Setiap item-item pernyataan akan ada empat pilihan skala Likert. Hasil analisis menggunakan uji regresi berganda masing-masing variabel menunjukkan hasil kontribusi 0,142 dengan nilai sig. 0,000 untuk kontribusi kepercayaan diri terhadap komunikasi interpersonal, hasil kontribusi 0,020 dengan nilai sig. 0,000 untuk kontribusi kepribadian ekstraversion terhadap komunikasi interpersonal, hasil kontribusi 0,092 dengan nilai sig. 0,000 untuk kontribusi kepribadian openness terhadap komunikasi interpersonal, dan , hasil kontribusi 0,175 dengan nilai sig. 0,000 untuk kontribusi kepribadian keterampilan asertif terhadap komunikasi interpersonal. Nilai adjusted R squre menunjukkan nilai 0,114. Konselor perlu memberikan intervensi untuk membantu meningkatkan komunikasi interpersonal, dengan teknik sosiodrama ataupun dengan role palying. Sedangkan peneliti selanjutnya, dengan intervensi atau perlakuan dengan model layanan bimbingan kelompok teknik permainan (games) atau dengan pelatihan asertif untuk membantu meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108032

Actions (login required)

View Item View Item