Pengembangan panduan penyesuaian diri berbasis cerita malangan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Sri Astutik

Astutik, Sri (2020) Pengembangan panduan penyesuaian diri berbasis cerita malangan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Sri Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astutik, Sri. 2019. Pengembangan Panduan Bimbingan Penyesuaian Diri Berbasis Cerita Malangan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama SMP). Tesis, Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M.A., (2) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes Kata Kunci: bimbingan penyesuaian diri, cerita malangan . Bimbingan penyesuaian diri adalah upaya yang dilakukan oleh guru BK secara sistematis, objektif, logis dan berkelanjutan secara terprogram untuk memfasilitasi perkembangan siswa dalam mencapai kemandirian. Fakta yang ditemukan di SMP Negeri 11 Malang menunjukkan bahwa bimbingan. penyesuaian diri telah dilaksanakan melalui bimbingan kelompok, teknik yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab sehingga kurang menarik bagi siswa. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan panduan bimbingan penyesuaian diri yang berterima secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan, kejelasan, kegunaan, dan kemenarikan. Rancangan penelitian dan pengembangan menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dari Borg & Gall (1983). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan 6 langkah yaitu: studi pendahuluan, rencana produk yang akan dikembangkan dan penyusunan sistematika produk, pengembangan produk, uji coba ahli, perbaikan produk berdasarkan uji ahli dan uji produk kelompok kecil . Uji coba tahap awal dilakukan oleh ahli media mengenai format panduan, uji coba ahli bimbingan dan konseling mengenai isi panduan, uji coba ahli bahasa mengenai kemenarikan cerita dan uji coba pengguna utama oleh Guru BK yang memberikan penilaian produk secara keseluruhan dan isi dalam panduan. Uji keterlaksanaan dilakukan terhadap tiga puluh dua orang siswa kelas VII G SMP Negeri 11 Malang. Data hasil pengembangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis validitas rater (ahli). Data kualitatif diperoleh melalui interpretasi secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan indeks validitas yaitu 0,78 kategori sedang dari ahli materi bimbingan dan konseling.Hasil uji validitas dari ahli media 0,96 kategori tinggi. Hasil indeks validitas 0,88 kategori tinggi dari guru BK sebagai calon pengguna. Hasil indeks validitas 0,86 kategori tinggi diberikan oleh ahli bahasa dan sastra. Hasil indeks validias yang diberikan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna memiliki makna bahwa produk panduan layak diimplementasikan di sekolah. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya yaitu mencakup (1) saran untuk guru BK yaitu guru BK dapat melakukan pengukuran dengan intrumen penyesuaian diri sebelum dan sesudah menggunakan panduan bimbingan penyesuaian diri untuk mengetahui keberhasilan bimbingan, (2) guru BK dapat menggunakan buku panduan bimbingan penyesuaian diri berbasis cerita Malangan dalam penelitian tindakan BK dan (3) peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan variabel yang sama hendaknya melakukan uji efektifitas dengan penambahan instrument penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108031

Actions (login required)

View Item View Item