Kontruksi bibliokonseling bermuatan nilai budi pekerti dalam legenda Minak Sopal untuk mengembangkan karakter anak / Zulva Zannatin Alia

Alia, Zulva Zannatin (2019) Kontruksi bibliokonseling bermuatan nilai budi pekerti dalam legenda Minak Sopal untuk mengembangkan karakter anak / Zulva Zannatin Alia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alia, Zulva Zannatin. 2019. Konstruksi Bibliokonseling Bermuatan Nilai Budi Pekerti dalam Legenda Minak Sopal Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Tesis, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Andi Mappiare-AT., M.Pd., (2) Dr. Im Hambali, M.Pd. Kata Kunci: bibliokonseling, legenda Minak Sopal, karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan deskripsi mengenai nilai-nilai budi pekerti dalam Legenda Minak Sopal.Hasil dari identifikasi tersebut selanjutnya dikonstruksikan ke dalam format dan isi Bibliokonseling untuk mengembangkan karakter siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe riset hermeneutika ganda. Sumber data utama adalah berupa buku-buku yang memuat cerita rakyat Minak Sopal yaitu sejumlah 3 (tiga) buku; Sejarah Masjid Agung Trenggalek (SMA), Legenda Ki Ageng Minak Sopal (KAMS), dan Peta Budaya Trenggalek (PBT).Sumber data sekunder adalah informan sejumlah 2 (dua) orang dengan kriteria yang telah ditentukan.Analisis data dilakukan dengan prosedur hermeneutika ganda, yaitu adanya dua tahap analisis.Analisis pertama mengenai interpretasi hasil wawancara dan observasi tentang legenda Minak Sopal.Analisis kedua lebih jauh menjangkau makna-makna sehingga didapatkan temuan-temuan yang dapat menjawab fokus penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 11 (sebelas) nilai budi pekerti dalam Legenda Minak Sopal. Nilai tersebut adalah kesederhanaan, cinta ilmu, berani, sabar, gigih, optimis,berjiwa pemimpin, bijaksana, welas asih, dan tanggung jawab.Nilai-nilai tersebut terangkum menjadi tiga unsur karakter menurut konsepsi karakter dalam falsafah Jawa Memayu Hayuning Bawana.Unsur-unsur tersebut yaitu bawana alit, bawana agung, bawana langgeng.Bawana alit dimaknai sebagai sikap, perilaku dan karakter yang ditujukan untuk individu, pribadi, dan keluarga. Terdiri dari nilai cinta ilmu, berani, gigih, sabar, optimis, dan sederhana.Bawana agung dimaknai sebagai sikap, perilaku, dan karakter yang ditujukan untuk masyarakat, bangsa, negara dan dunia international atau global, terdiri dari nilai budi pekerti welas asih, berjiwa pemimpin, tanggung jawab, dan bijaksana. Bawana langgeng dimaknai sikap, perilaku, dan karakter yang ditujukan untuk alam akhirat, terdiri dari nilai religius.Unsur-unsur karakter tersebut kemudian dikonstruksikan ke dalam Bibliokonseling. Tahapan kegiatan bibliokonseling mengacu pada tahapan konseling model KIPAS (Konseling Intensif yang Progresif dan Adaptif terhadap Struktur)yaitu dengan langkah-langkah antara lain kabar gembira, integrasi data atau internalisasi, perencanaan tindakan, aktualisasi rencana, dan selebrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108028

Actions (login required)

View Item View Item