Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan menggunakan media wayang golek / Zena Vania BR Ginting

Ginting, Zena Vania BR (2019) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan menggunakan media wayang golek / Zena Vania BR Ginting. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ginting, Zena Vania. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Kontrol Diri dengan Menggunakan Media Wayang Golek untuk Siswa SMP. Tesis, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Henny Indreswari, M.Pd, (2) Dr. Carolina Ligya Rdjah, M.Kes Kata Kunci : Kontrol Diri, Media Wayang Golek Kekerasan merupakan fenomena sosial yang terus meningkat.Tindakan kekerasan menjadi fenomena sosial yang terus meningkat tidak terlepas dari ketidakmampuan individu untuk menyelesaikan konflik secara damai. Tindakan kekerasan yang terjadi dimasyarakat berkontribusi pada terjadinya kekerasan di lingkungan sekolah, karena lingkungan masyarakat menjadi role model bagi peserta didik. Bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah bermacam-macam, seperti kasus bullying, pelecehan, perkelahian, pengasingan, percekcokan bahkan pembunuhan. Berbagai kasus yang terjadi di sekolah membuktikan bahwa sekolah belum menjadi tempat yang aman dan memberikan kedamaian bagi peserta didik. Iklim sekolah yang damai adalah salah satu harapan dari seluruh warga sekolah dan orangtua Strategi yang tepat untuk mempromosikan budaya damai di lingkungan sekolah adalah melalui pendidikan damai. Salah satu sikap dan perilaku yang menggambarkan pribadi damai adalah kontrol diri. MENDIKBUD (2016) memaparkan bahwa penanganan kasus kekerasan yang terjadi di sekolah selama ini hanya dilakukan secara tidak terstruktur,langsung mengarah ke ranah hukum dan tidak dipandang sebagai masalah pendidikan yang urgent sehingga sekolah lebih cendrung pada layanan kuratif. Padahal seharusnya apapun bentuk tindakan kekerasan dalam pendidikan harus di cegah (Assegaf 2004). Melihat kesenjangan tersebut maka perlu adanya upaya yang kongkrit dari konselor dalam memberikan layanan pribadi-sosial bersifat pencegahan sebagai upaya untuk mengembangakan kesadaran kontrol diri dalam menekan maraknya tindakan kekerasan di sekolah. Tujuan dari pengembangan ini yaitu mengembangkan produk panduan pelatihan kesadaran kontrol diri menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP. Produk yang dikembangkan terdiri dari dua yakni buku panduan untuk konselor yang dijadikan pedoman dalam memberikan pelatihan kesadaran kontrol diri siswa SMP dan media wayang golek. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian model Borg & Gall (1983) dengan tahapan penelitian yang telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Tahapan tersebut yakni 1) penelitian awal dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba produk awal, 5) perbaikan produk dan 6) produk akhir. Berdasarkan hasil penilaian ahli wayang dapat disimpulkan bahwa penilaian ahli wayang terhadap panduan pelatihan kesadaran kontrol diri sangat diterima jika ditinjau dari aspek ketepatan penggunaan bahasa, karakter tokoh, alur cerita, visualisasi wayang golek dan musik pengiring. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran dapat diinterpretasikan bahwa buku panduan dan media wayang golek dapat diterima dari segi kemenarikannya. Berdasarkan hasil penilaian dua ahli BK dan dua calon pengguna dapat dirtarik kesimpulan bahwa panduan pelatihan kesadaran kontrol diri menggunakan wayang golek sudah memenuhi aspek ketepatan, kelayakan, kegunaan dan kemenarikan. Sehingga panduan pelatihan kesadaran kontrol diri menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP dapat diterima dan layak diimplementasikan kepada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108027

Actions (login required)

View Item View Item