Pengembangan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan expressive writing untuk siswa SMP / Nurhayani Maudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan expressive writing untuk siswa SMP / Nurhayani Maudi

Maudi, Nurhayani (2019) Pengembangan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan expressive writing untuk siswa SMP / Nurhayani Maudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maudi Nurhayani. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosi Marah Dengan Expressive Writing Untuk Siswa SMP. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd. (2) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata kunci Panduan Pelatihan Mengelola emosi marah expressive writing SMP Dalam hubungan sosial emosi marah yang tidak dapat dikendalikan akan memicu munculnya tindakan kekerasan. Marah merupakan emosi yang bersumber dari internal dan eksternal sebagai reaksi yang wajar untuk keberlangsungan hidup. Emosi marah yang ekspresikan dengan cara yang pantas dapat membantu individu dalam mengekspresikan berbagai perasaan dengan cara yang dapat diterima lingkungan membantu menyelesaikan masalah dan juga mampu memotivasi dalam mencapai tujuan yang positif. Untuk itu sangat penting siswa memiliki keterampilan mengelola emosi marah. Expressive writing merupakan metode katarsis. Emosi yang lebih menekankan pada pengungkapan pikiran atau perasaan dengan menulis. Melalui aktivitas menulis akan membuat individu melepaskan perasaan-perasaan yang bergejolak dalam hati serta dapat membantu individu mengubah cara mereka dalam menghadapi emosi-emosi negatif terutama emosi marah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi marah dengan menggunakan metode expressive writing untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg Gall (1983). Tahapan yang digunakan terdiri dari 1) Studi pendahuluan 2) Perencanaan 3) Pengembangan 4) Uji coba produk awal 5) Perbaikan produk dan 6) Produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari ahli media pembelajaran ahli bimbingan dan konseling dan calon pengguna atau konselor sekolah. instrumen yang digunakan berupa berupa instrumen penilaian ahli dan instrumen penilaian calon pengguna. Hasil uji coba terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kuantitatif. Adapun hasil penilaian oleh ahli media pembelajaran terdapat hasil penilaian 4 dan 3 tidak terdapat skor rendah untuk setiap item. Sehingga dapat diinterprestasikan bahwa penilaian ahli media pembelajaran terhadap panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi memenuhi kriteria diterima/akseptabel dari segi kemenarikannya. Pada hasil uji coba pada 2 ahli Bimbingan dan Konseling dan 3 calon pengguna telah memenuhi kriteria keberterimaan dari segi kegunaan kelayakan dan ketepatan walaupun terdapat hasil penilaian dengan nilai 2 pada item rumusan tujuan pada materi. Berdasarkan hasil dari penilaian ahli media pembelajaran ahli bimbingan dan konseling dan calon pengguna menunjukkan bahwa produk yang dikembangankan dapat diterima dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi marah. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melaksanakan uji kelompok kecil guna mengetahui keefektifan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan menggunakan metode expressive writing untuk siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108026

Actions (login required)

View Item View Item