Pengembangan panduan role playing dengan media topeng Malang untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa MTs / Nofita Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan role playing dengan media topeng Malang untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa MTs / Nofita Puspitasari

Puspitasari, Nofita (2020) Pengembangan panduan role playing dengan media topeng Malang untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa MTs / Nofita Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari Nofita. 2019. Pengembangan Panduan Role Playing dengan Media Topeng Malang Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa MTs. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (2) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd. Kata Kunci Tanggung jawab akademik role playing topeng malang Tanggung jawab utama siswa di sekolah adalah tanggung jawab akademik.Bentuk tanggung jawab akademik siswa di sekolah yaitu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mengumpulkan pekerjaan rumah (PR) tepat waktu mendengarkan guru yang menerangkan materi pelajaran di depan kelas dan tidak mencontek saat ujian. Siswa yang sadar akan tanggung jawab akademiknya di sekolah akan mendorong dirinya menjadi siswa yang berprestasi. Faktanya masih banyak ditemui siswa yang tidak melaksanakan tanggung jawab akademiknya di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan pelatihan tanggung jawab akademik dengan teknik role playing menggunakan media topeng malang untuk siswa MTs. Metode pengembangan dilakukan melalui rancangan penelitian dan pengembangan dari Borg Gall (1983) dengan menggunakan 10 langkah yaitu dimulai dari studi pendahuluan rencana produk yang akan dikembangkan penyusunan sistematika produk uji coba ahli perbaikan produk berdasarkan uji ahli uji produk dari guru BK perbaikan produk berdasarkan penilaian dari guru BK uji keefektifan perbaikan produk akhir dan deseminasihasilpengembangan.Ujicobatahapawaldiujiolehahlimediapembelajaran mengenai format panduan kemudian ahli bimbingan dan konseling untuk menilai isi materi panduan dan uji ahli budaya topeng malang untuk menilai kesesuaian isi materi budayatopeng malang. Uji coba pengguna utama dilakukan oleh guru BK yang memberikan penilaian terhadap produk secara keseluruhan baik dari format dan isi dalam panduan. Uji coba terakhir yaitu uji keefektifan produk terhadap sasaran layanan yaitu siswa MTs kelas VII.Data hasil pengembangan yaitu berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data angka didapatkan melalui analisis validitas antar rater (ahli) uji wilcoxon signed rank test dan uji paired t-test. Data kualitatif didapatkan melalui analisis interpretasi secara deskriptif. Hasil Penelitian yang dilakukan menghasilkan keberterimaan produk secara jelas tepat dan layak untuk digunakan bagi guru BK. Penilaian ahli media pembelajaran mengenai format panduan diperoleh indeks validitas yaitu 0 99 penilaian ahli bimbingan dan konseling mengenai isi materi panduan yaitu 0 85 penilaian ahli budaya topeng malang mengenai cerita budaya yang digunakan yaitu 0 83 dan penilaian calon pengguna (guru BK) baik dari format maupun isi yaitu 0 98 yang dikategorikan sangat tinggi . Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor tanggung jawab akademik siswa yangsignifikan. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya yaitu mencakup (1) Guru BK hendaknya memahami prosedur dan materi yang terdapat dalam panduan ini agar dapat membantu siswa mencapai tujuannya yaitu memiliki tanggung jawab akademik yang tinggi sehingga dapat meraih prestasi belajar (2) Guru BK dapat melakukan tindak lanjut dengan pengamatan atau monitoringkepada siswa setelah melakukan proses pelatihan dan (3) peneliti selanjutnya yang memiliki ketertarikan untuk meneliti dengan variabel yang sama dengan penelitian ini diharapkan untuk melakukan uji keefektifan yang melibatkan siswa dalam jumlah yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108025

Actions (login required)

View Item View Item