Pengembangan panduan perilaku moral menggunakan teknik klarifikasi nilai untuk pencegahan perilaku seks pranikah / Rizky Mayesita Aryance Abel

Abel, Rizky Mayesita Aryance (2020) Pengembangan panduan perilaku moral menggunakan teknik klarifikasi nilai untuk pencegahan perilaku seks pranikah / Rizky Mayesita Aryance Abel. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abel, Rizky Mayesita Aryance. 2019. Pengembangan Panduan Perilaku Moral Menggunakan Teknik Klarifikasi Nilai untuk Pencegahan Perilaku Seks Pranikah. Tesis. Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes. Kata Kunci: panduan perilaku moral, teknik klarifikasi nilai, perilaku seks pranikah Saat ini perilaku seks sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan remaja, demikian pula remaja di NTT.Perkembangan zaman serta majunya teknologi memiliki peranan penting karena remaja dengan mudahnya dapat mengakses konten negatif. Remaja berperilaku bukan hanya untuk memenuhi kepuasan fisiknya, tetapi psikologis (rasa puas dengan adanya penerimaan dan penilaian positif dari orang lain tentang perbuatannya). Moral berkaitan erat dengan sistem nilai yang berlaku di masyarakat, sehingga sesuai dengan fungsi teknik klarifikasi nilai yaitu memperjelas nilai-nilai yang ada dalam kehidupan bermasyarakat maka penelitian ini menggunakan teknik klarifikasi nilai. Penerapan teknik klarifikasi nilai dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah utama, yaitu menghargai (prizing), memilih (choosing), dan bertindak (acting) dengan menggunakan lima nilai utama pendidikan karakter di Indonesia sebagai nilai yang akan diajarkan dalam pelatihan, yaitu (1) nilai religius, (2) nilai integritas, (3) nilai mandiri, (4) nilai nasionalis, dan (5) nilai gotong royong. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku panduan pelatihan perilaku moral yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan; menghasilkan panduan pelatihan perilaku moral yang digunakan dalam pelatihan perilaku moral menggunakan teknik klarifikasi nilai untuk pencegahan perilaku seks pranikah; dan menghasilkan produk yang layak digunakan. Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983) yang dirangkum dalam tiga tahapan yaitu tahap, perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap pasca pengembangan. Uji keberterimaan dan kelayakan produk dalam penelitian ini meliputi uji ahli BK dan uji media dan uji calon pengguna. Adapun kriteria yang dinilai adalah kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan. Hasil dari ketiga uji ahli tersebut, menunjukkan bahwa panduan pelatihan perilaku moral memenuhi kriteria keberterimaan dan kelayakan untuk diterapkan pada siswa dan dapat dijadikan media untuk mempermudah konselor dalam layanan bimbingan dan konseling. Panduan perilaku moral dapat digunakan oleh konselor sebagai panduan dalam melatihkan perilaku moral kepada siswa. Kemudian untuk peneliti selanjutnya, pengembangan panduan pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan uji kelompok kecil dan dapat menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen untuk menguji efektivitas panduan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108016

Actions (login required)

View Item View Item