Pengembangan media adversity intelligence berbantuan unity dalam layanan bimbingan kelompok untuk siswa SMP / Vicky Dewi Andieni

Andieni, Vicky Dewi (2020) Pengembangan media adversity intelligence berbantuan unity dalam layanan bimbingan kelompok untuk siswa SMP / Vicky Dewi Andieni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andieni, Vicky Dewi. 2019. Pengembangan Media Adversity Intelligence Berbantuan Unity dalam Bimbingan Kelompok untuk Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Muslihati, S.Ag, M.Pd (2) Dr. Triyono, M.Pd. Kata Kunci: media adversity intelligence, unity, bimbingan kelompok. Era revolusi industri 4.0, kondisi masyarakat semakin kompetitif yang menjadi tantangan bagi remaja. Daya juang dibutuhkan dalam menjawab tantangan dan peluang dalam menjalani kehidupan. Daya juang (Adversity Intelligence) memiliki aspek-aspek yang dapat memberikan gambaran mengenai ketangguhan individu dalam menghadapi hambatan dan dapat memprediksi apakah ia tetap terkendali dalam menghadapi situasi sulit. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media Adversity Intelligence (AI) untuk siswa SMP beserta panduan yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Prosedur pengembangan media Adversity Intelligence (AI) ini diadaptasi dari model Borg & Gall (2003) sampai pada tahap ke-tujuh. Uji ahli dilakukan oleh dua ahli materi BK, dua ahli media, dua guru BK dan 10 siswa sebagai calon pengguna produk aplikasi. Data yang diperoleh dari ahli materi dan media serta calon pengguna produk berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa skala penilaian akseptabilitas dan masukan/saran dari hli materi dan media serta calon pengguna. Teknik analisa data ahli materi dan media dilakukan dengan model inter-rater agreement dengan masing-masing terdiri dari dua ahli serta pengguna dengan menggunakan persentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media Adversity Intelligence (AI) yang terdiri dari Magic 1 (tipe AI), Magic 2 (dimensi AI), Magic 3 (Refleksi) dan Magic 4 (Tes AI) yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Hasil dari indeks uji ahli materi sebesar 1 yang termasuk dalam rentangan nilai 0,80-1,00, sedangkan hasil indeks uji ahli media sebesar 0,94 termasuk dalam rentangan nilai 0,80-1,00. Hasil yang didapatkan pada indeks penilaian dua guru BK adalah sebesar 1 yang termasuk dalam rentangan nilai 0,80-1,00, sedangkan hasil uji calon pengguna (siswa) pada aspek ketepatan 87,5, kemenarikan 89,2, kegunaan 91,5 dan kepraktisan 83. Hal menunjukkan bahwa aplikasi AI yang dikembangkan dapat dikatakan tepat, menarik, bermanfaat dan praktis digunakan oleh siswa. Saran yang diajukan adalah media AI diharapkan dapat membantu guru BK memberikan layanan bimbingan kelompok untuk mengedukasi siswa dalam upaya pengembangan kepribadian tangguh. Saran untuk peneliti selanjutnya yang mengadaptasi penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat melanjutkan pengembangan media AI sampai pada tahap uji lapangan operasional dan diseminasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108015

Actions (login required)

View Item View Item