Pengembangan panduan sinema edukasi "STAR" untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa sekolah menengah kejuruan / Hikmah Ilmiyana

Ilmiyana, Hikmah (2020) Pengembangan panduan sinema edukasi "STAR" untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa sekolah menengah kejuruan / Hikmah Ilmiyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ilmiyana,Hikmah. 2019. Pengembangan PanduanSinemaEdukasi STAR Untuk Mencegah Perilaku Agresif Verbal Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes. (2) Dr. M. Ramli, MA. Kata Kunci:Panduan, Sinema Edukasi, STAR, Agresif Verbal, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Siswa SMK merupakan individu dalam tahapan usia remaja. Pada usia ini siswa SMK memiliki resiko yang cukup tinggi untuk melakukan perilaku agresif verbal. Adanya perubahan fisik maupun psikis pada remaja membuat mereka cenderung mengalami perubahan emosi yang dinamis dan tidak stabil. Perilaku agresif verbal merupakan komponen motorik seperti melukai dan menyakiti orang lain melalui ungkapan verbal. Seiring berkembangnya teknologi perilaku agresif verbal cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data wawancaradengan guru BK di SMK Negeri 11 Malang, bentuk perilaku agresif verbal masih sering terjadi. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti selama di SMKN 11 Malang, peneliti menemukan lima peristiwa pertengkaran siswa yang di sebabkanolehperilakuagresif verbal danpadatanggal 22 Oktober 2018 penelitimenyebarkanskalaperilaku agresif verbal kepada 30siswa kelas X TGB, X TKJ, dan X TKR. Data yang diperolehmenunjukkan7siswa (23%) tingkatperilaku agresif verbal ringan, 8 siswa (27%) tingkat perilaku agresif verbal sedang dan 15 siswa (50%) tingkat perilaku agresif verbal tinggi. Dari data tersebutmakadiperlukanadanyalayananyang bertujua nuntuk mencegah semakin berkembangnya bentuk-bentuk perilaku agresif verbal pada siswa SMK. STAR (stop-think-action-review) merupakan salah satu tahapan dalam program resolusi konflik yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah sosialsiswa yang terlibatperilakuagresif, baikverbal maupun non vebal.penelitian dan pengembanganini bertujuanuntuk menghasilkan media bimbingan berupa panduansinemaedukasi STAR untukmencegahperilakuagresif verbal siswa SMK yang memenuhi aspek akseptabilitas yakni; kegunaan, kemenarikan, kemudahan, dan ketepatan, sehingga layak digunakan. Pengaplikasianpanduansinemaedukasi STAR inidilaksanakandalamsetting layananbimbinganklasikal. Model penelitian yang digunakanmengadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983).Penelitian dan pengembangan ini berbatas sampai padaujivalidasicalonpengguna.Penelitian danpengembangan ini telahmelalui serangkaian uji ahli materi, ahli media,ahli DKV serta pengguna (konselordansiswa). Hasil penilaian ahli dan calon pengguna menyatakan bahwasannya produk sudah memenuhi kriteriakegunaan, kemenarikan, kemudahan, dan ketepatan . Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk konselorbisamenjadikanpenelitianinimenjadipenelitiantindakanbimbingankonseling. Bagipenelitiselanjutnyadapatmenerapkannyapadasubjekpenelitian yang lebihluasdenganmenggunakanrancanganpenelitianeksperimendengankelompokkontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108013

Actions (login required)

View Item View Item