Pengembangan panduan teknik cognitive restructuring bermuatan pepatah petitih Minangkabau untuk mereduksi perilaku perundungan siswa SMP / Siska Putri Ayu

Ayu, Siska Putri (2020) Pengembangan panduan teknik cognitive restructuring bermuatan pepatah petitih Minangkabau untuk mereduksi perilaku perundungan siswa SMP / Siska Putri Ayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ayu, Siska Putri. 2019. Panduan Teknik Cognitive Restructuring Bermuatan Pepatah Petitih Minangkabau untuk Mereduksi Perilaku Perundungan Siswa SMP. Tesis, Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Carolina Ligya Radjah, M. Kes. (2) Prof. Dr. Nur Hidayah, M. Pd. Kata kunci: cognitive restructuring, pepatah petitih, perundungan verbal. Perundungan verbal merupakan permasalahan yang sering terjadi, dan dapat menjadi penghambat berkembangnya potensi siswa. Guru bimbingan dan konseling (guru BK) perlu memaksimalkan layanan responsif untuk mengatasi permasalahan ini melalui layanan konseling. Layanan konseling yang dipraktikkan konselor atau guru BK di Indonesia adalah pendekatan konseling Barat yang tentunya belum didasarkan pada nilai-nilai masyarakat Minangkabau. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan panduan teknik cognitive restructuring bermuatan pepatah petitih Minangkabau yang teruji kelayakannya. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Kelayakan panduan diperoleh dari uji ahli budaya, uji calon pengguna dan uji kelompok kecil. Uji ahli terdiri dari dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli konseling dan dua orang ahli budaya Minangkabau. Uji calon pengguna dilakukan oleh dua orang guru BK SMP, dan uji kelompok kecil dilakukan terhadap pelaku perundungan sebanyak enam orang siswa. Uji ahli dan calon pengguna menggunakan skala akseptabilitas produk. Hasil penilaian ahli, calon pengguna dan kelompok kecil menunjukkan bahwa panduan teknik cognitive restructuring bermuatan pepatah petitih Minangkabau layak untuk digunakan. Hasil penilaian ahli media memberikan angka indeks validitas sebesar 0,87, ahli konseling memberikan angka indeks validitas sebesar 0,81, ahli budaya memberikan angka indeks validitas sebesar 0,86, dan calon pengguna memberikan angka indeks validitas sebesar 0,84. Data yang diperoleh pada uji kelompok kecil dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, hasilnya menunjukkan adanya penurunan perilaku perundungan verbal siswa dengan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 (lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini maka penulis memberikan beberapa saran, yaitu: (1) guru BK SMP Negeri 2 Situjuah Limo Nagari agar dapat memanfaatkan panduan, (2) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan kajian lebih lanjut jika akan menerapkan panduan selain di SMP Negeri 2 Situjuah Limo Nagari, (3) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan kajian lebih lanjut jika akan menerapkan panduan untuk mereduksi bentuk perundungan yang lain, seperti fisik atau relasional, (4) Peneliti selanjutnya disarankan melakukan uji lapangan dengan eksperimen murni untuk melihat hasil penerapan panduan pada populasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108012

Actions (login required)

View Item View Item