Interpretasi nilai moral dalam panton Aceh dan rekonstruksi diskusi kelompok terpumpun sebagai teknik konseling model KIPAS / Nasrizal Afriadi

Afriadi, Nasrizal (2019) Interpretasi nilai moral dalam panton Aceh dan rekonstruksi diskusi kelompok terpumpun sebagai teknik konseling model KIPAS / Nasrizal Afriadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afriadi, Nasrizal. 2019. Interpretasi Nilai Moral dalam Panton Aceh dan Rekonstruksi Diskusi Kelompok Terpumpun Sebagai Teknik Konseling Model KIPAS. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Andi Mappiare-A.T., M.Pd, (2) Dr. Muslihati., S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Panton Aceh, diskusi kelompok terpumpun, konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui interpretasi nilai moral dalam Panton Aceh dan rekonstruksi diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai-nilai moral dalam Panton Aceh sebagai upaya untuk memodifikasi karakter siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Nilai-nilai moral yang dikaji sebagai bahan untuk mengrekonstruksi teknik diskusi kelompok terpumpun yang di adopsi dari unsur nilai budaya yang ada di masyarakat Aceh yaitu Panton Aceh agar teknik ini dapat digunakan dalam kegiatan konseling kelompok. Banyaknya nilai-nilai moral yang terdapat dalam Panton Aceh seperti nilai rendah hati, jujur, kerja keras, cinta tanah air, kontrol diri, gemar berbagi dan cerdik dalam berteman. Nilai-Nilai yang terdapat dalam Panton Aceh nantinya dibahas satu persatu dalam teknik diskusi kelompok terpumpun, dari bahasan tersebut diharapkan para peserta kelompok (siswa) dapat terbentuk sebuah karakter yang sesuai dengan norma yang ada di masyarakat, baik norma yang bersifat individualisme, kolektivisme maupun universitalisme. Dalam proses pelaksanaan teknik diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh mengikuti langkah-langkah konseling model KIPAS yang terdiri dari; (1) kabar gembira, (2) integrasi data, (3) perencanaan tindakan, (4) aktualisasi tindakan, dan (5) selebrasi. Fokus penelitian ini untuk menafsirkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam Panton Aceh, merumuskan proses pelaksanaan diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh. Selanjutnya, penelitian ini menghasilkan implikasi berupa format diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh sebagai teknik konseling model KIPAS untuk meningkatkan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis hermeneutika Gadamerian. Hermeneutika merupakan metode untuk menafsirkan makna di dalam sebuah teks. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Banda Aceh Kota Banda Aceh Provinsi Aceh, teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara langsung dengan subjek penelitian, kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan, serta validasi data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi data. Selanjutnya tahapan penelitian dilakukan melalui pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, penarikan kesimpulan, dan melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menafsiran nilai-nilai moral yang terdapat dalam Panton Aceh terdiri dari sembilan nilai moral yang ada dalam Panton Aceh yaitu nilai rendah hati, jujur, kerja keras, cinta tanah air, kontrol diri, gemar berbagi, cerdik berteman, sopan santun dan nilai dedikasi. Konstruksi pelaksanaan diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh dan konstruksi format diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh sebagai teknik konseling model KIPAS yang telah dikaji dengan menggunakan metode hermeneutika Gadamerian. Penelitian ini ditujukan kepada guru bimbingan konseling di sekolah menenggah atas (SMA/MA) khususnya guru bimbingan konseling SMAN 5 Banda Aceh diharapkan teknik diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh dapat digunakan sebagai salah satu teknik konseling kelompok untuk memodifikasi karakter siswa di sekolah. Kepada peneliti dan praktisi bimbingan konseling agar dapat meneliti lebih jauh penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (riset and development), supaya dapat melakukan pengembangan terhadap implikasi dari format yang sudah dibuat oleh peneliti dalam penelitian ini. Kemudian jika ada peneliti lain yang menggunakan penelitian kuantitatif, diharapkan agar dapat melakukan penelitian eksperimen mengenai teknik diskusi kelompok terpumpun bermuatan nilai moral dalam Panton Aceh dengan penguatan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108009

Actions (login required)

View Item View Item