Pengembangan panduan pelatihan sosiodrama untuk meningkatkan sikap respek siswa SMP / Gema Insani

Insani, Gema (2019) Pengembangan panduan pelatihan sosiodrama untuk meningkatkan sikap respek siswa SMP / Gema Insani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Insani, Gema. 2019. Pengambangan Panduan Pelatihan Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Respek Siswa SMP. Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Program Magister Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M.Pd., (2) Dr. M.Ramli, M.A Kata Kunci: sosiodrama, sikap respek, siswa smp Pendidikan moral merupakan pendidikan yang mengajarkan tentang sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.Moralmemiliki tujuan, nilai nyata dan baik untuk semua orang sebagai individu maupun bagian dari masyarakat. moral akan membentuk perilaku yang berguna bagi pengembangan jiwa yang sehat, kepedulian akan hubungan interpersonal, hubungan masyarakat yang humanis,demokratis, adil dan damai.Moral dapat dibentuk denganperilaku yang diterapkan kepada setiap individu agar dapat bersosialiasi dalam masyarakat dengan menunjukkan sikap respek agar terjalin rasa hormat dan menghormati. Sikap respek dapat ditunjukan dalam bentuk penghargaan terhadap harga diri orang lain dan diri sendiri. Sikap respek dipengaruhi oleh dua hal yaitu kemampuan kognitif dan lingkungan sosial sebagai role model.Dalam pengembangannya memerlukan sebuah strategi dan pemilihan metode yang tepat agar dapat meningkatkan sikap respek siswa, dalam hal ini guru BK dapat menggunakan salah satu metode dalam bimbingan kelompok yaitu metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa panduan pelatihan sosiodrama untuk meningkatkan sikap respek siswa SMP, penelitian ini dirancang dengan metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 8 tahapan yakni studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba ahli, revisi produk dari uji ahli, uji calon pengguna, revisi produk calon pengguna, uji kelompok kecil, perbaikan produk akhir. Uji coba tahap awal dilakukan oleh uji ahli media dan bimbingan dan konseling terkait format panduan dan isi panduan. Uji coba calon pengguna dilakukan oleh guru BK yang memberikan penilaian terkait format dan isi panduan, dan uji coba keefektifan dilakukan kepada siswa SMP kelas VIII. Penggunaan instrumen dalam penelitian mencakup instrumen penilaian uji ahli media dan instrumen penilaian ahli bimbingan dan konseling, instrumen calon pengguna, dan skala pengukuran sikap respek. Data hasil penilaian diperoleh berupa angka dan nonangka. Data angka dianalisis dengan antar rater, uji wilcoxon signed rank, dan uji paired t-test. Data berupa nonangka dianalisis dengan interpretasi secara deskriptif. Penilaian yang telah dilakukan menghasilkan keberterimaan produk panduan secara tepat, berguna, dan sesuai untuk digunakan bagi guru BK. Hasil penilaian keseluruhan dari penilaian ahli bimbingan dan konseling yaitu 0,86, ahli media memperoleh validitas yaitu 0,88, dan penilaian dari calon pengguna yaitu 0,92 dari keseluruhan penilaian yang diperoleh termasuk dalam kategori “tinggi”. Hasil uji keefektifan menunjukkan adanya perubahan skor dari pretest dan posttest siswa secara signifikan dengan hasil Mean ranks ialah sebesar 5,50 sedangkan sum of ranks ialah sebesar 55,00, dan hasil Asymp.Sig (2-tailed) yaitu 0,005. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara pretest dan posttest pada sikap respek siswa. Hasil dari uji paired t-test menunjukkanAsymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari perlakuan yang telah diberikan karena nilai kurang dari 0,05. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya (1) Guru BK dapat mengembangkan kreatifitas lain dalam kegiatan agar siswa menjadi lebih antusias dalam kegiatan (2) saran bagi peneliti selanjutnya untuk uji keefektifan dengan melibatkan beberapa sekolah dan subyek lebih banyak sehingga meyakinkan dan memperkuat kefektifan produk yang telah dikembangkan (3) perlu dilanjutkan sampai pada tahap desiminasi pada beberapa sekolah agar produk dapat tersampaikan dengan baik dan digunakan dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108005

Actions (login required)

View Item View Item