Homographs in the story book of "Zoola Palooza" / Lasata Rifta Choirunisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Homographs in the story book of "Zoola Palooza" / Lasata Rifta Choirunisa

Choirunisa, Lasata Rifta (2017) Homographs in the story book of "Zoola Palooza" / Lasata Rifta Choirunisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirunisa Lasata Rifta. 2017. Homographs in the Story Book of Zoola Palooza Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Maria Hidayati S.S. M.Pd. (II) Dr. Suharyadi S.Pd M.Pd Kata Kunci homograf parts of speech tipe-tipe homograf makna mendalam dan buku cerita Zoola Palooza Homograf terpilih pada penelitian ini karena peneliti menyadari fenomena yang terjadi pada penutur bahasa asing (mahasiswa) yang berhubungan dengan pemahaman makna homograf dalam bentuk kalimat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis part of speech tipe-tipe homograf dan juga makna mendalam dari segi semantik dan pragmatik pada sebuah buku cerita Zoola Palooza oleh Gene Baretta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini peneliti mengacu pada teori-teori dari homograf part of speech tipe-tipe homograf dan juga makna terdalam dari segi semantik dan juga pragmatik. Data ini terkumpul pada bulan februari 2017. Dalam menganalisa peneliti bertindak sebagai alat utama dengan membaca buku cerita dengan teliti lalu mengkalsifikasikan parts of speech dan tipe-tipe homograf dan menentukan makna mendalam dari segi semantik dan pragmatik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa parts of speech yang terdapat pada buku cerita antara lain [Noun] (50%) [Verb] (39.58%) dan [Adjective] (10.41%) yang menunjukkan bahwa Noun dan Verb adalah yang sering muncul. Tipe-tipe homograf yang muncul di buku cerita adalah Different Part of Speech (79.16%) dan Same Part of Speech (20.83%) yang menunjukkan bahwa tipe Different Part of Speech mendominasi. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat buku ini untuk anak-anak usia 5-7 tahun karena Noun dan Verb adalah part of speech yang mudah untuk di ingat oleh anak-anak. Adjective mendapat persentasi yang rendah karena ini terlalu sulit untuk anak-anak dalam memahami sesuai dengan tujuan dari kata sifat yang mendeskripsikan kata benda. Dari beberapa langkah yang telah di lakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa dalam menentukan makna mendalam sangat penting untuk para pembaca mengetahui parts of speech terlebih dahulu. Dalam menentukan makna tidak hanya ditentukan dari satu sisi saja baik semantik ataupun pragmatik. Penelitian ini sangat bermanfaat untuk murid-murid linguistik dan para guru untuk meningkatkan pengetahuan dalam perbendaharaan kata dan memberikan metode pembelajaran baru padakata-kata homograf. Untuk penelitian selanjutnya mereka sangat mungkin untuk mengeksplor data lebih dalam melakukan penelitian tentang homograf. Untuk pembaca asing mereka harus lebih memerhatikan makna yang rancu dari kata homograf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item View Item