The speaking anxiety of the eight graders of SMPN 11 Malang / Deviana Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

The speaking anxiety of the eight graders of SMPN 11 Malang / Deviana Safitri

Safitri, Deviana (2017) The speaking anxiety of the eight graders of SMPN 11 Malang / Deviana Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Deviana. The Speaking Anxiety of Eight Graders of SMP Negeri 11 Malang.Skripsi PendidikanBahasaInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Andreani M.Ed. (II) Prof. Utami Widiati M.A Ph.D. Kata kunci speaking anxiety Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini dirancang untuk mengetahui kecemasan berbicara siswa di kelas Bahasa Inggris di SMPN 11 Malang. Ada 106 siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian kualitatif ini menyelidiki level kecemasan siswa faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara mereka dan strategi untuk mengatasi kecemasan mereka. Data dikumpulkan dengan menggunakan Foreign Language Anxiety Scale milik Horwitz dan panduan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 63 siswa (60%) berada di level agak cemas 26 siswa (25%) berada di level rileks tujuh siswa (6 6%) berada di level cemas tujuh siswa (6 6%) berada di level sangat rileks dan Tiga siswa (2 8%) berada di level sangat cemas. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris yaitu faktor pribadi dan interpersonal keyakinan pelajar tentang pembelajaran bahasa dan pengujian bahasa. Untuk mengatasi kecemasan mereka sebagian besar siswa menerapkan strategi persiapan diikuti dengan pemikiran positif relaksasi dan pengunduran diri serta strategi nonlinguistik. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kecemasan mempengaruhi kinerja siswa dalam belajar bahasa Inggris terutama dalam berbicara. Jadi penting untuk memperhatikan dan menguranginya. Untuk meminimalkan kecemasan para siswa menggunakan beberapa strategi untuk mengatasi kecemasan mereka yaitu persiapan pemikiran positif relaksasi pengunduran diri dan strategi nonlinguistik. Guru juga harus memperhatikan kecemasan siswa untuk menciptakan suasana nyaman di kelas. Oleh karena itu penelitian lebih lanjut tentang kecemasan berbicara dan solusinya diperlukan untuk membantu siswa mengurangi kecemasan dan belajar bahasa Inggris dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10795

Actions (login required)

View Item View Item