English vocabulary items mastery of young children of one family / Niken Widiastuty - Repositori Universitas Negeri Malang

English vocabulary items mastery of young children of one family / Niken Widiastuty

Widiastuty, Niken (2017) English vocabulary items mastery of young children of one family / Niken Widiastuty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiastuty N. 2016. A Case Study of First and Later-Born Children in Mastering English Vocabulary Items. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Drs. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A. Ph.D. Pembimbing II Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua penguasaan bahasa kedua penguasaan kosakata. Topik tentang pembelajaranbahasa Inggris sebagai bahasa kedua bagi anak-anak dwibahasa telah banyak dipelajari dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak orangtua yang menginginkan anak mereka lancar berbahasa Inggris dengan memfokuskan pada penguasaan kosa kata Bahasa Inggris sejak dini. Hal ini dikarenakan penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris sangatlah penting bagi perkembangan anak dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Penguasaan kosakata bahasa Inggris yang baik dapat mendukung mereka dalam meningkatkan kemampuan mendengar berbicara membaca dan menulis di masa depan yang secara tidak langsung juga akan berguna dalam pemahaman yang lebih baik dalam berkomunikasi. Secara khusus penelitian ini berfokus pada penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak-anak serta pengaruh dan strategi yang diterapkan oleh orangtua terhadap pencapaian kemampuan berbahasa pada anak-anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai desain penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dari tanggal 6 Juni 2016 sampai dengan 22 Juni 2016. Selain itu penelitian ini mengambil subyek dua bersaudara yang telah mengenal bahasa Inggris sejak usia dini Faruq dan Filza. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah gambar-gambar dari 10 pilihan kategori flashcards video dari lagu anak-anak film animasi dan perekam. Data untuk penelitian ini diambil berdasarkan wawancara dengan orangtua dan pengamatan terhadap penggunaan bahasa Inggris oleh anak-anak dalam kegiatan sehari-hari. Selanjutnya seluruh data akan ditranskripsi dan dirangkum untuk diteliti lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai anak yang mempelajari bahasa Inggris sejak dini penguasaan bahasa Inggris mereka dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan kedua orangtua mereka dan situasi pembelajaran secara simultan yang mereka terima sejak batita. Selain itu kedua orangtua mereka juga memanfaatkan beberapa lagu anak-anak film buku cerita dan kumpulan gambar dalam bentuk flashcard yang semuanya berbahasa Inggris sebagai media dan strategi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak. Bagaimanapun dalam upaya untuk memahami strategi yang diaplikasikan oleh kedua orang tua Faru dan Filza peneliti melakukan pengamatan yang berfokus pada kata benda dalam bahasa Inggris untuk melihat kemampuan bahasa Inggris keduanya. Hasilnya Faruq sebagai anak pertama mampu menguasai 174 kosakata dalam bahasa Inggris dan Filza (anak kedua) mampu menguasai 76 kosakata dalam bahasa Inggris. Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana meningkatkan penguasaan bahasa Inggris pada anakdan bagaimana perlakuan orangtua serta bahasa yang mereka gunakan terhadap anak mereka saat masih bayi mampu mempengaruhi performa bahasa mereka dikemudian hari. Maka dari itu para peneliti di masa depan disarankan agar mampu melakukan lebih banyak penelitian mengenai penguasaankosakata dalam bahasa Inggris pada anak-anak usia dini yang nantinya dapat memberikan konstribusi pengetahuan yang baru dalam ranah linguistik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item