The intention of using emojis in whatsapp messages among young adults / Garindra Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

The intention of using emojis in whatsapp messages among young adults / Garindra Muhammad

Muhammad, Garindra (2017) The intention of using emojis in whatsapp messages among young adults / Garindra Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhammad Garindra. 2016. The Intention of Using Emojis in Whatsapp Messages among Young Adults. Department of English Faculty of Letters Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Hj. Emalia Iragiliati S. M.Pd (2) Maria Hidayati S.S. M.Pd Kata kunci Maksud Kesalahpahaman Emoji Whatsapp Dalam jaman elektronik ini orang sudah sangat mengenal emoji dan emotikon. Emoji adalah ideogram dan ikon senyum yang digunakan dalam pesan elektronik dan laman web. Penelitian ini bertujuan menemukan (1) emoji yang paling sering digunakan pada pesan-pesan Whatsapp (2) alasan-alasan untuk menggunakan emoji pada pesan Whatsapp (3) topik-topik pembicaraan dari pengguna emoji (4) topik-topik pembicaraan dimana emoji tidak digunakan (5) lawan bicara dengan siapa pengguna tidak menggunakan emoji dalam komunikasi pada pesan Whatsapp dan (6) maksud penggunaan emoji dalam pesan Whatsapp. Studi kasus tentang emoji yang disiapkan dalam tujuan menemukan maksud penggunaan emoji diambil dari data yang terkumpul berdasarkan pengalaman para pengguna emoji Whatsapp. Penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Mereka diminta untuk menjawab kuesioner untuk mengumpulkan informasi tentang maksud mereka memakai emoji dalam Whatsapp Messenger dari sudut pandang mahasiswa. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara dengan subyek penelitian untuk mendukung data dari kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) emoji yang paling sering digunakan adalah Face with Tears of Joy Smiling Face with Open Mouth and Smiling Eyes and Unamused Face (2) alasan paling banyak untuk menggunakan emoji adalah untuk mengungkapkan perasaan dan emosi melalui emoji yang dipilih untuk membuat pembicaraan lebih menarik untuk memperkuat maksud yang mereka tulis di teks dan untuk mengurangi ketegangan pembicaraan (3) peserta cenderung menggunakan emoji dalam pembicaraan informal ringan seperti bergosip dan menceritakan candaan (4) peserta memilih tidak menggunakan emoji dalam pembicaraan formal di Whatsapp misalnya ketika berkomunikasi dengan dosen orang yang lebih tua dan atasan dan (5) maksud penggunaan emoji peserta untuk menunjukkan perasaan adalah alasan paling utama dalam menggunakan emoji. Hasil dari penelitian ini menyarankan mahasiswa dan dosen yang menekuni Pragmatics bisa mencapai pemahaman maksud dari penggunaan emoji. Untuk pengguna emoji Whatsapp temuan ini bisa berguna sebagai informasi untuk lebih toleran dan bijaksana dalam menggunakan emoji. Untuk peneliti temuan penilitian ini diharapkan bisa menjadi rujukan dalam melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait dengan identifikasi maksud penggunaan emoji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item