Rhetorical moves and metadiscourse markers in Research Article (RA) abstracts: a comparative study / Anggia MirzaDevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Rhetorical moves and metadiscourse markers in Research Article (RA) abstracts: a comparative study / Anggia MirzaDevi

Mirzadevi, Anggia (2017) Rhetorical moves and metadiscourse markers in Research Article (RA) abstracts: a comparative study / Anggia MirzaDevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mirzadevi A. 2016. Pergerakan Retorik dan Penanda Metawacana dalam Abstrak Artikel Ilmiah Sebuah Studi Perbandingan. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A Pembimbing 2 Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata kunci abstrak pergerakan retorik penanda metawacana studi perbandingan Sebuah studi yang dipelopori oleh Dronberger dan Kowitz (1975) menunjukkan bahwa tingkat baca abstrak lebih tinggi dibanding tingkat baca teks utuhnya. Dalam era global dimana informasi termasuk artikel penelitian yang melimpah ruah orang menulis artikel tak hanya untuk mendapatkan pengakuan nasional namun juga internasional. Oleh karenanya abstrak sebagai representasi dari teks utuhnya sangatlah penting untuk menarik pembaca dan membantu mereka memutus artikel mana yang layak baca. Melalui teori Swales dan Feak (2004) untuk analisis pergerakan retorik dari abstrak dan model metawacana yang digagas oleh Hyland (2005) studi ini bertujuan untuk memaparkan pergerakan retorik dan penanda metawacana yang digunakan oleh pelajar bahasa Inggris asli Indonesia dan penulis asli berbahasa Inggris . Data studi ini dalam bentuk korpus yang diambil dari Korpus Pelajar Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang (C-SMILE) sebagai representasi dari abstrak yang ditulis oleh pelajar bahasa Inggris asli Indonesia dan SAGE Journal untuk abstrak yang ditulis oleh penulis berbahasa Inggris. Selain itu peneliti juga menggunakan aplikasi Antconc 3.4.4.0 sebagai intstrument yang membantu dalam proses analisis metawacana dalam abstrak. Studi ini mengungkap beberapa kecenderungan yaitu (1) pelajar bahasa Inggris asli Indonesia menggunakan sedikit sekali background (latar belakang) (26 67%) sebaliknya penulis asli berbahasa Inggris menggunakan background lebih dominan (70%) (2) pelajar bahasa Inggris asli Indonesia cenderung menggunakan aim (tujuan) sebagai pergerakan retorik pertama sedangkan penulis asli berbahasa Inggris lebih menyukai mengawali abstrak dengan background (3) dalam menandai suatu pergerakan retoris pelajar bahasa Inggris asli Indonesia cenderung menggunakan beberapa kata kunci sebagai penanda sedangkan penulis asli berbahasa Inggris cenderung menarasikannya (4) baik pelajar bahasa Inggris asal Indonesia dan penulis asli berbahasa Inggris lebih menyukai metawacana interaktif dalam abstrak mereka (5) konsisten dengan penelitian sebelumnya pelajar bahasa Inggris asli Indonesian lebih memilih the researcher (peneliti) sebagai kata rujuk diri dan menghindar kata rujuk pertama I (saya) di sisi lain penulis asli berbahasa Inggris cenderung menggunakan I untuk merujuk pada diri mereka. Variasi yang ditemukan dalam dua grup abstrak ini mengindikasikan bahwa perbedaan kemampuan penulis perbedaan pembaca sasaran perbedaan komunitas wacana dan budaya bisa jadi menjadi alasannya. Selanjutnya studi perbandingan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam ranah pergerakan retorik dan metawacana dalam abstrak dengan dua penulis yang secara linguistik dan budaya berbeda yang kurang mendapat perhatian di Indonesia dan menjadi petunjuk implisit bagi penulis pemula yang ingin menulis abstrak untuk kepentingan internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item