Implementing writing process through interactive pair outlining strategy to improve writing ability in hortatory exposition text of eleventh graders of SMA Negeri 7 Malang / Chasanatun Mujrikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing writing process through interactive pair outlining strategy to improve writing ability in hortatory exposition text of eleventh graders of SMA Negeri 7 Malang / Chasanatun Mujrikhah

Mujrikhah, Chasanatun (2015) Implementing writing process through interactive pair outlining strategy to improve writing ability in hortatory exposition text of eleventh graders of SMA Negeri 7 Malang / Chasanatun Mujrikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mujrikhah Chasanatun.2015. Penerapan Writing ProcessmelaluiStrategi Interactive Pair Outlining untuk Meningkatkan KeterampilanSiswadalamMenulisTeksHortatory Expositionpada siswa kelas 11 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi.JurusanBahasaInggris Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci kemampuan menulis teks hortatory exposition strategi Interactive Pair Outlining proses menulis Berdasarkan observasi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti menemukan bahwa kemampuan menulis teks Bahasa Inggris pada siswa kelas peminatanXI MIA 4 masih rendah dan siswa juga kurang memiliki motivasi untuk menulis. Kurangnya variasi strategi guru dalam mengajar membuat siswa enggan untuk menulis. Selain itu malasah yang dihadapi siswa ketika menulis yaitu ketika mereka harus mengemabngkan ide dan menyusunnya ke dalam sebauh pargraf.. Untukmemecahkanmasalahtersebut penelitimenerapkanproses menulis dengan bantuan strategiInteractive Pair Outlininguntukmeningkatkankegiatanbelajardanmengajarmenulis di kelasdanmeningkatkanketerampilansiswadalammenulistekshortatory exposition.PenelitimenggunakanstrategiInteractive Pair Outliningdikarenakankebanyakansiswamemilikikesulitandalam mengembangkan ide mereka.Oleh karena itu mereka memerlukan sebuah acuan yang akan digunakan untuk menulis dalam bentuk outline. Selain itu penerapan diskusi ketika membuat outline juga membantu siswa untuk mendapatkan lebih banyak ide. Penelitijugamenggunakanstrategi proses menulis yang terbagi mejadi empat tahap yaitu pre-writing planning drafting dan post-witing. Penerapan strategiInteractive Pair Outliningterdapat padatahapanplanning. Strategiinimembantusiswamembangundanmengembangkan ide merekakedalamparagraf yang baik. Desain penelitian ini adalah Peneliti Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam satusiklus yang mencakup enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa peminatankelas XI MIA 4 SMA Negeri 7 Malang. Fokus dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulistekshortatory exposition siswa dan partisipasi siswa selama pelaksanaan tindakan. Instrumen dalampenelitian ini antara lain adalah pedoman wawancara lembar observasi kuisioner catatan reflektifpeneliti rubrik penilaianmenulis dan tes menulis. Rekan peneliti ditunjuk untuk mengamati sikap dan partisipasi siswa selama proses belajar mengajar. Kriteria keberhasilan siswa ditentukan dengan menggunakan nilai yaitu 70. Darihasilanalisadata dapatdinyatakanbahwapenelitianinisuksesdilakukan karenakriteriasuksestelahterpenuhi.Nilai siswa meningkat dansiswa memberi tanggapan positif terhadap penerapanproses menulis dengan bantuan strategiInteractive Pair Outliningdalam pembelajaran menulis. Hasil analisis data menunjukkan 18 dari 20 siswa menunjukkan peningkatan nilai menulis hingga 10 poin dan 90% siswa mendapat nilai 8805 70. Selain itu lebih dari 75% siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan strategi Interactive Pair Outlining. Keberhasilan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis juga berdasarkan penerapan proses menulis dengan strategi Interactive Pair Outlining sesuai langkah berikut (1) siswa dibimbing untuk membrainstrorm ide berdasarkan topik tertentu (2) siswa secara berpasangan berdiskusi untuk membuat outline (3) siswa menulis outline secara individu (4) siswa membuat draft berdasarkan outline yang dibuat secara individu (5) siswa mendapat feedback dari guru dan teman sebaya (6) siswa merevisi dan mengedit teks yang mereka buat berdasarkan feedback yang diberikan. Kesimpulannya penerapan proses menulis dengan bantuan strategiInteractive pairOutliningdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswa. Strategiinidapatmembantusiswadalam mengembangkan ide dan menyusun paragraf tekshortatory expositionmenjadilebihbaik.Selain itu nilaisiswameningkat dansiswalebih termotivasi untukaktifdalamkegiatanbelajarmengajar.Penerapan proses menulis dengan bantuan strategi Interactive Pair Outlining jugamembantusiswauntuk menemukandanmengembangkan ide merekalalumenuangkannyadalamsebuahtekshortatory exposition yang lebih baik. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

View Item View Item