Directives in academic writing: a contrastive corpus-based studi of C-smile and coca / Cita Nuary Ishak - Repositori Universitas Negeri Malang

Directives in academic writing: a contrastive corpus-based studi of C-smile and coca / Cita Nuary Ishak

Ishak, Cita Nuary (2015) Directives in academic writing: a contrastive corpus-based studi of C-smile and coca / Cita Nuary Ishak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ishak C. N. 2014. Directives in Academic Writing A Contrastive Corpus-Based Study of C-SMILE and COCA. Skripsi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. and (II) Prof. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata Kunci reader engagement directives C-SMILE COCA bald-on-record FTA 12288 12288 12288 12288 Wacana akademik merupakan konstruksi sosial (Swales et al. 1998) sehingga menjaga hubungan dengan pembaca merupakan hal yang sangat penting (Hyland 2002c). Oleh karenanya kesadaran penulis akan kehadiran pembaca dan kemampuan menjalin hubungan dengan mereka diperlukan untuk mencapai penulisan akademik yang baik (Hyland 2001). Di antara lima unsur hubungan yang diusulkan Hyland (2005b) penelitian ini memfokuskan kajian pada directives. Pilihan ini dilakukan karena peran directives yang pada satu sisi berfungsi melibatkan pembaca ke dalam teks namun pada sisi lain berpotensi merusak hubungan antara pembaca dan penulis yang disebabkan sifatnya sebagai bald-on-record face threatening act (Brown dan Levinson 1987). Oleh karena kekhawatiran akan fungsinya yang terakhir ini directives seringkali diabaikan dalam penelitian (Hyland 200b Swales et al. 1998). Dengan demikian sedikit sekali informasi mengenai peranan directives dalam tulisan-tulisan ilmiah diperoleh. Penelitian ini mencoba menelaah ranah yang terabaikan namun penting tersebut dengan melakukan kajian lebih jauh mengenai penggunaan directives dalam tulisan akademik dari dua korpus yang berbeda. 12288 12288 12288 12288 Fokus kajian penelitian ini adalah penggunaan directives dalam tulisan akademik berbahasa Inggris oleh penutur asing dan penutur asli Bahasa Inggris. Data penelitiannya adalah tulisan akademik bergenre humaniora yang diambil dari korpus karya tulis akademik penutur asing Bahasa Inggris (C-SMILE) dan korpus artikel ilmiah yang dihasilkan oleh penutur asli Bahasa Inggris (COCA). Bentuk directives yang dikaji dalam penelitian ini mengikuti model directives yang ditawarkan Hyland (2002b) bentuk-bentuk tersebut meliputi imperatives necessity modals dan predicative adjectives controlling a complement to-clause. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang tepat dan akurat necessity modal dikombinasikan dengan pronominal pembaca yang dikategorikan oleh Kim dan Thompson (2010). Karena penelitian ini membandingkan hasil kuantitatif dari C-SMILE dan COCA serta menelaah persamaan dan perbedaan di antara kedua korpus dan membahas isu-isu penting yang mucul dari temuan penelitian maka penelitian ini merupakan sebuah studi komparatif korpus. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menemukan bahwa penutur asing dan penutur asli Bahasa Inggris sama-sama melibatkan pembaca mereka ke dalam teks melalui penggunaan textual imperative see. Persamaan kedua korpus ini terletak pada penggunaan textual imperative see sebagai bentuk directives terbanyak. Akan tetapi setelah dikaji lebih jauh terdapat perbedaan dalam penggunaan see. Di COCA see berfungsi untuk mengarahkan pembaca baik kepada sumber internal maupun eksternal sedangan di C-SMILE see digunakan untuk mengarahkan pembaca kepada sumber internal saja. Selaian itu see pada COCA juga memuat sikap dan penilaian penulis terhadap sumber yang ia maksud dan fungsi see ini tidak ditemukan dalam C-SMILE. C-SMILE dan COCA serupa dalam hal penggunaan pronomina pembaca we tetapi berbeda pada necessity modal yang mengikuti pronomina tersebut. Isu-isu yang muncul dari temuan-temuan ini adalah (1) permasalahan seputar kurangnya referensi bacaan yang dihadapi oleh mahasiswa S1 (2) imperative see yang kehilangan potensinya untuk merusak hubungan penulis dan pembaca dalam budaya akademik serta (3) penjelasan logis dibalik penggunaan see yang berlebihan dan kurangnya penggunaan bentuk directives lain. Penelitian ini ditutup dengan saran bagi dosen matakuliah writing agar mengajarkan pentingnya melibatkan pembaca ke dalam teks serta saran-saran pedagogis lainnya sebagai jawaban untuk masalah seputar kurangnya bahan bacaan mahasiswa S1 penggunaan see yang cukup berlebihan dan kurangnya penggunaan bentuk directives lain dalam korpus C-SMILE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item View Item