Munifani, Putry Suci (2016) Penggunaan data tematik untuk menulis makalah / Putry Suci Munifani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Munifani Putry Suci. 2016. Penggunaan Data Tematik untuk Menulis Makalah. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata Kunci data tematik respons siswa menulis makalah. Permasalahan yang terjadi ketika menulis makalah adalah banyak siswa yang hanya menyalin dan menggabungkan gagasan milik orang lain. Penyebab tindakan tersebut karena siswa kesulitan untuk menemukan dan mengembangkan gagasan ketika akan menulis makalah. Penyebab lain adalah rendahnya kemampuan mengemukakan gagasan menggunakan bahasa tulis baku penggunaan ejaan dan tanda baca secara benar menyusun kalimat efektif dan mengembangkan paragraf secara padu. Akibatnya makalah tidak dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui dan mengukur kemampuan siswa dalam berpikir dan memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan respons siswa pada penggunaan data tematik untuk menulis makalah dan (2) mendeskripsikan kualitas makalah siswa menggunakan data tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini adalah informasi yang diperoleh melalui angket hasil observasi wawancara dan makalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dua cara yaitu ketekunan/keajegan pengamatan dan pengecekan instrumen penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua hasil penelitian. Pertama terdapat 87% respons positif dan 13 % respons negatif pada penggunaan data tematik untuk menulis makalah. Kedua respons tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh melalui angket hasil oservasi dan wawancara. Informasi tersebut meliputi pengetahuan tentang data tematik respons siswa terkait cara memanfaatkan data tematik dan respons siswa terkait sikap saat mengerjakan makalah mengunakan data tematik. Kedua terdapat 65% kualitas makalah baik 31% kualitas makalah cukup dan 4% kualitas makalah rendah menggunakan data tematik. Kualitas makalah tersebut merupakan total nilai dari delapan aspek yang meliputi (1) perumusan judul (2) penulisan latar belakang (3) penulisan rumusan masalah (4) penyusunan tujuan penulisan makalah (5) penulisan pembahasan (6) penulisan kesimpulan (7) penulisan saran dan (8) penulisan daftar rujukan. Penilaian dari tiap-tiap aspek berdasarkan rubrik penilaian yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/107607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |