Kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif siswa SMK kelas XI dengan dukungan teks terpilih dan teks beragam / Fitriana Nur Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif siswa SMK kelas XI dengan dukungan teks terpilih dan teks beragam / Fitriana Nur Maghfiroh

Maghfiroh, Fitriana Nur (2014) Kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif siswa SMK kelas XI dengan dukungan teks terpilih dan teks beragam / Fitriana Nur Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maghfiroh Fitriana Nur. 2014. Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi dan Berpikir Kritis-Kreatif Siswa SMK Kelas XI dengan Teks Terpilih dan Teks Beragam. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Sunaryo H.S S.H. M.Hum. Kata Kunci karangan argumentasi berpikir kritis-kreatif teks terpilih teks beragam Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi argumen atau pendapat penulis mengenai suatu fenomena atau permasalahan yang disajikan dengan cara memberikan jawaban disertai alasan yang berisi data fakta ataupun pernyataan-pernyataan lain yang mendukung atau menentang pendapat penulis. Dasar tulisan argumentasi adalah berpikir kritis dan logis. Akan tetapi diperlukan rangsangan bagi siswa untuk dapat melakukan aktivitas berpikir. Salah satu bentuk rangsangannya adalah dengan menyediakan teks terpilih dan teks beragam. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menganggap penelitian untuk mengukur kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif dengan teks terpilih dan teks beragam penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa skor yang menggambarkan kemampuan menulis karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Pasuruan dengan sampel 30 siswa kelas XI TKJ 1 dan 30 siswa kelas XI TKJ 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) rubrik penilaian teks (2) perintah dan petunjuk menulis karangan argumentasi dan (3) rubrik penilaian karangan argumentasi dan berpikir kritis-kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan menulis karangan argumentasi dengan kategori baik. Hal itu tampak pada perolehan skor pada aspek-aspek menulis yaitu (1) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam merumuskan judul yang tampak pada persentase perolehan skor 3 yang dominan yaitu 67% siswa dengan teks beragam dan 83% siswa dengan teks terpilih (2) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam menyusun kerangka karangan yang tampak pada persentase perolehan skor 3 yang dominan yaitu 77% siswa dengan teks beragam dan 83% siswa dengan teks terpilih (3) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam menulis pendahuluan yang tampak pada persentase perolehan skor 3 yang dominan yaitu 57% siswa dengan teks beragam dan 90% siswa dengan teks terpilih (4) siswa dengan teks beragam memiliki kemampuan kategori sangat baik dalam menulis tubuh argumen yang tampak pada persentase perolehan skor 4 yang dominan yaitu 67% siswa sedangkan siswa dengan teks terpilih paling dominan yaitu 83% siswa berada di kategori baik (5) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam menulis simpulan yang tampak pada persentase perolehan skor 3 yang dominan yaitu 60% siswa dengan teks beragam dan 77% siswa dengan teks terpilih (6) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam mengembangkan paragraf yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 57% siswa dengan teks beragam dan 87% siswa dengan teks terpilih dan (7) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam menggunakan bahasa ejaan dan tanda baca yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 57% siswa dengan teks beragam dan 87% siswa dengan teks terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kritis-kreatif dengan kategori baik. Hal tersebut tampak pada perolehan skor pada aspek-aspek berpikir yaitu (1) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam aspek analisis yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 74% siswa dengan teks beragam dan 77% siswa dengan teks terpilih (2) siswa dengan teks beragam memiliki kemampuan kategori baik dalam mengevaluasi yang tampak pada persentase perolehan skor 3 yang dominan yaitu 70% siswa sedangkan siswa dengan teks terpilih paling dominan yaitu 50% siswa berada di kategori cukup (3) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam aspek kreasi yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 63% siswa dengan teks beragam dan 83% siswa dengan teks terpilih (4) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam aspek orisinalitas yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 70% siswa dengan teks beragam dan 80% siswa dengan teks terpilih (5) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam aspek kelancaran dan keluwesan yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 57% siswa dengan teks beragam dan 87% siswa dengan teks terpilih dan (6) siswa memiliki kemampuan kategori baik dalam aspek elaborasi yang tampak pada persentase perolehan skor yang dominan yaitu 87% siswa dengan teks beragam dan 80% siswa dengan teks terpilih. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua simpulan sebagai berikut. Pertama kemampuan siswa dengan teks terpilih dan teks beragam dalam menulis karangan argumentasi termasuk kategori baik dalam aspek penulisan judul penyusunan kerangka karangan penulisan pendahuluan penulisan simpulan pengembangan paragraf dan penggunaan bahasa sedangkan dalam aspek penulisan tubuh argumen siswa dengan teks beragam memiliki kemampuan sangat baik dan siswa dengan teks terpilih memiliki kemampuan kategori baik. Kedua kemampuan siswa dengan teks terpilih dan teks beragam dalam berpikir kritis-kreatif termasuk kategori baik dalam aspek analisis kreasi orisinalitas kelancaran dan keluwesan serta elaborasi sedangkan dalam aspek evaluasi siswa dengan teks beragam memiliki kemampuan baik dan siswa dengan teks terpilih memiliki kemampuan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang perlu diperhatikan siswa guru dan peneliti selanjutnya adalah sebagai berikut. Pertama siswa disarankan untuk membiasakan menulis untuk menyampaikan gagasan dan memperbanyak pengetahuan melalui kegiatan membaca. Kedua guru disarankan melakukan pembelajaran menulis yang dapat menciptakan suasana berpikir kritis-kreatif siswa seperti kegiatan menulis yang diawali dengan kegiatan menyusun kerangka karangan dan menyisipkan kegiatan membaca kritis-kreatif teks dengan topik sama. Ketiga disarankan peneliti selanjutnya menemukan cara atau metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107450

Actions (login required)

View Item View Item