Kemampuan menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo tahun pelajaran 2013/2014 / Dieseta Silvi Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo tahun pelajaran 2013/2014 / Dieseta Silvi Palupi

Palupi, Dieseta Silvi (2014) Kemampuan menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo tahun pelajaran 2013/2014 / Dieseta Silvi Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Palupi Dieseta Silvi. 2014. Kemampuan Menuliskan Kembali Dongeng yang sudah Dibaca Siswa Kelas VII SMP Negeri I Watulimo. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M. Pd (II) Dr. Sunoto M. Pd. Kata kunci pembelajaran menulis menulis dongeng. Menulis adalah kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk disampaikan kepada pembaca. Salah satu kompetensi dasar aspek menulis dalam standar isi bahasa Indonesia kelas VII SMP pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo. Kemampuan menulis ini dilihat dari aspek ejaan pilihan kata keefektifan kalimat dan kelengkapan isi yang kemudian akan dinilai secara keseluruhan untuk ditentukan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor untuk setiap karangan berdasarkan aspek-aspek penilaian yang sudah ditentukan dalam pedoman penilaian kemudian dari hasil penyekoran tersebut dideskripsikan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca. Karangan siswa dari kegiatan menuliskan kembali dongeng dianalisis dan dinilai berdasarkan pedoman penilaian. Penilaian dilakukan dengan memberikan skor pada setiap aspek yang diteliti. Setelah semua data terkumpul dilakukan analisis data. Analisis data meliputi (1) persiapan (2) tabulasi (3) penilaian dan (4) deskripsi hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian kemampuan menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo menunjukkan siswa yang mampu menuliskan kembali dengan ejaan yang kurang dari 4 kesalahan sebanyak 10 dari 50 siswa atau sebesar 20% sedangkan sebanyak 40 siswa atau sebesar 80% belum mampu menuliskan kembali dongeng dengan ejaan yang tepat. Dari segi pilihan kata siswa yang mampu menuliskan kembali dongeng dengan pilihan kata yang tepat sebanyak 47 dari 50 siswa atau sebesar 94% sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 3 siswa atau sebesar 6%. Dari segi keefektifan kalimat siswa yang mampu menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca sebanyak 43 dari 50 siswa atau sebesar 86% dan sebanyak 7 siswa atau sebesar 14% belum mampu menuliskan kembali dongeng dengan kelimat yang efektif. Dari segi kelengkapan isi siswa yang mampu menuliskan kembali dongeng dengan isi yang lengkap sebanyak 44 siswa atau sebesar 88% dan sebanyak 6 siswa atau 12% belum mampu. Dari rata-rata keseluruhan aspek penilaian siswa kemampuan siswa dalam menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo tahun pelajran 2013/2014 menunjukkan nilai rata-rata 79 8. Dengan demikian siswa kelas VII SMP Negeri I Watulimo tahun pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan mampu dalam menuliskan kembali dongeng yang sudah dibaca. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan saran kepada tiga pihak yaitu guru bahasa Indonesia siswa dan peneliti lain. Pertama kepada guru bahasa Indonesia SMP Negeri I Watulimo dari hasil temuan ini guru disarankan untuk membiasakan siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dalam arti tidak mencampuradukkan dengan dialek. Saran selanjutnya untuk guru dalam pembelajaran menulis siswa lebih ditekankan kembali dalam penggunaan ejaan. Selain itu disarankan kepada guru untuk lebih meningkatkan kualitas menulis siswa. Kedua kepada siswa disarankan untuk membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi. Selain itu disarankan untuk siswa agar lebih memperhatikan penggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis. Ketiga kepada peneliti lain dari hasil temuan ini disarankan untuk menjadikan penelitian ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bahan ajar media pembelajaran atau melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil kegiatan menulis siswa SMP Negeri I Watulimo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107447

Actions (login required)

View Item View Item