Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 21 Malang tahun ajaran 2013/2014 melalui media gambar seri / Meria Dwi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 21 Malang tahun ajaran 2013/2014 melalui media gambar seri / Meria Dwi Astuti

Astuti, Meria Dwi (2014) Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 21 Malang tahun ajaran 2013/2014 melalui media gambar seri / Meria Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Meria Dwi. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 21 Malang Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Media gambar Seri. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. (II) Karkono S.S. M.A Kata kunci kemampuan menulis teks eksposisi media gambar seri. Kemampuan menulis teks eksposisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan pada matapelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP. Menulis teks eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VII. Kompetensi dasar tersebut adalah menyusun teks observasi tanggapan deskriptif eksposisi eksplanasi dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini meneliti kemampuan menulis teks eksposisi secara tulisan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 21 Malang dan hasil tulisan teks eksposisi siswa diketahui bahwa rata-rata nilai yang diperoleh siswa masih di bawah 75 atau KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada aspek isi aspek unsur struktur teks eksposisi dan aspek kebahasaan siswa kelas VII SMPN 21 Malang melalui media gambar seri. Aspek isi yang meliputi subaspek kelengkapan keruntutan dan kepaduan. Aspek unsur struktur teks eksposisi yang meliputi subaspek tesis argumentasi dan penegasan ulang. Aspek kebahasaan meliputi subaspek ejaan tanda baca pilihan kata keefektifan kalimat dan penulisan paragraph. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini bersumber dari data proses dan data hasil penelitian siklus I dan siklus II. Data proses adalah data aktivitas yang dilakukan oleh siswa ketika proses pembelajaran. Data hasil adalah data hasil karya tulisan siswa. Data proses menulis teks eksposisi melalui media gambar seri mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis proses diketahui bahwa pada siklus I sebagian siswa mengikuti pembelajaran dengan cukup antusias. Pada siklus II semua siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media gambar seri. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis teks eksposisi pada aspek isi menunjukkan adanya peningkatan dari studi pendahuluan ke siklus I kemudian dari siklus I ke siklus II. Kemampuan rata-rata siswa pada aspek isi dari studi pendahuluan ke siklus I meningkat sebesar 8 34 poin yaitu dari 57 63 menjadi 65 97. Kemampuan rata-rata aspek isi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 18 4 poin dari 65 97 menjadi 83 79. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis teks eksposisi pada aspek unsur struktur teks eksposisi menunjukkan adanya peningkatan dari studi pendahuluan ke siklus I kemudian dari siklus I ke siklus II. Kemampuan rata-rata siswa pada aspek unsur struktur teks eksposisi dari studi pendahuluan ke siklus I meningkat sebesar 8 33 poin yaitu dari 61 34 menjadi 69 67. Kemampuan rata-rata aspek unsur struktur teks dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 14 12 poin dari 69 67 menjadi 83 79. Hasil analisis data kemampuan menulis teks eksposisi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aspek kebahasaan struktur teks dan isi. Kemampuan rata-rata pada aspek kebahasaan menunjukkan adanya peningkatan dari studi pendahuluan ke siklus I kemudian dari siklus I ke siklus II. Kemampuan rata-rata pada aspek kebahasaan dari studi pendahuluan ke siklus I meningkat sebesar 6 42 poin yaitu dari 58 3 menjadi 64 72. Kemampuan rata-rata aspek kebahasaan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16 53 poin yaitu dari 64 72 menjadi 81 25. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada guru menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lain mengenai kemampuan menulis dengan media pembelajaran yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran. Bagi siswa disarankan untuk memperkaya wawasan melalui kegiatan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media gambar seri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107439

Actions (login required)

View Item View Item