Pengaruh pajanan bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Fiqi Nurhamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pajanan bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Fiqi Nurhamidah

Nurhamidah, Fiqi (2014) Pengaruh pajanan bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Fiqi Nurhamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhamidah Fiqi. 2014. Pengaruh Pajanan Bentuk Benar-Salah terhadap Penguasaan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum (II) Drs. Bustanul Arifin S.H. M.Hum. Kata Kunci pajanan bentuk benar-salah huruf kapital tanda baca 12288 12288 12288 12288 Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan individual dan berkembang sesuai dengan perkembangan usia seseorang. Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan berbahasa lisan dan tulis. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca merupakan salah satu dari kaidah bahasa tulis yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sulton dan Listyawati penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa SD masih di bawah nilai ketuntasan. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Untuk itu perlu adanya media pembelajaran untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya pengaruh pemberian pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dan (2) ada atau tidaknya pengaruh pemberian pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian praeksperimen. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang yang berjumlah 30 siswa. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran penelitian. Instrumen perlakuan penelitian ini berupa pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah. Instrumen pengukuran penelitian berupa soal tes awal dan tes akhir bentuk benar-salah. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis. Data penelitian ini berupa skor hasil mengerjakan soal pada tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis statistik dua sampel berpasangan penguasaan penggunaan huruf kapital diketahui t hitung 6 656 dan signifikansi 0 00 (sig

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107433

Actions (login required)

View Item View Item