Ningtiyas, Herlien Ardiana Yunita (2014) Peningkatan kemampuan menulis ringkasan cerita wayang dengan menggunakan media komik wayang siswa kelas V SDN Duren 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Herlien Ardiana Yunita Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yunita Ningtiyas Herlien Ardiana. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan Cerita Wayang dengan Menggunakan Media Komik Wayang Siswa Kelas V SDN Duren 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M. Pd (II) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M. Pd Kata kunci kemampuan menulis ringkasan cerita wayang media komik wayang. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai oleh siswa pada jenjang SD. Menulis ringkasan adalah salah satu kompetensi dasar menulis kelas V SD mata pelajaran Bahasa Daerah. Melalui pembelajaran menulis ringkasan cerita wayang diharapkan siswa mampu mengapresiasi sastra lebih dalam. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Duren 01 diperoleh data bahwa kompetensi menulis ringkasan cerita wayang belum mencapai ketuntasan. Penguasaan dan penggunaan bahasa jawa siswa masih kurang sehingga siswa kurang memahami isi teks cerita wayang. Oleh karena itu siswa masih kesulitan dalam menulis ringkasan cerita wayang berbahasa jawa. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dan rancangan penelitian dilakukan bersiklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Duren 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek berjumlah 17 siswa selama II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) proses pembelajaran menulis ringkasan cerita wayang dan (2) hasil kemampuan siswa menulis ringkasan cerita wayang pada aspek isi dan bahasa yang meliputi alur tokoh latar tema penggunaan diksi penyusunan kalimat keutuhan isi ringkasan dan penggunaan ejaan dan tanda baca. Instrumen yang digunakan meliputi RPP komik wayang dan lembar kerja siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pembelajaran menulis ringkasan cerita wayang pada siklus I dan siklus II. Dasar analisis proses dan hasil pembelajaran didasarkan pada nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sekolah yaitu 65. Pada siklus I diketahui sebanyak 7 siswa (41 17%) dari 17 siswa dinyatakan berhasil. Sedangkan 10 siswa yang lain (58 8%) dinyatakan belum berhasil. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari jumlah siswa sebanyak 17 orang keseluruhan (100%) dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis ringkasan cerita wayang dengan menggunakan media komik wayang dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V SDN Duren 01. Media komik wayang dapat membantu siswa memahami isi cerita wayang sehingga siswa mampu menulis ringkasan cerita wayang dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/107424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |