Written teacher feedback on student writing: treacher intentions and perceptions / Nur Halimatus SaÔÇÖdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Written teacher feedback on student writing: treacher intentions and perceptions / Nur Halimatus SaÔÇÖdiyah

SaÔÇÖdiyah, Nur Halimatus (2018) Written teacher feedback on student writing: treacher intentions and perceptions / Nur Halimatus SaÔÇÖdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sa diyah Nur Halimatus. 2018. Komentar Guru Tertulis pada Tulisan Siswa Intensi Guru dan Persepsi Siswa. Skripsi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Andi Muhtar M.A. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. M.A. Kata kunci tulisan siswa komentar guru tertulis intensi guru persepsi siswa Komentar guru tertulis selama ini telah menjadi bagian penting dalam pembelajaran menulis terutama menulis dalam bahasa asing. Ketika seorang guru Bahasa Inggris lebih mementingkan proses dalam kegiatan menulis maka memerhatikan tahapan-tahapan dalam menulis sebuah teks sangat diperlukan. Dapat dikatakan bahwa tahap penyuntingan layak diulang-ulang ketika seseorang menulis dalam bahasa asing. Sehubungan dengan hal itu komentar tertulis dari guru memegang peranan penting dalam membantu siswa meningkatkan kualitas tulisan mereka. Berkaitan dengan pentingnya komentar tertulis dari guru penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah Adakah kesesuaian antara intensi guru dalam memberikan komentar tertulis pada tulisan siswa dengan persepsi siswa terhadap komentar guru tertulis tersebut . Untuk menjawab rumusan masalah tersebut metode penelitian deskriptif dinilai paling sesuai untuk digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Lawang. Dengan melibatkan seorang guru Bahasa Inggris dan 64 siswa dari XI MIA 1 dan XI IIS 4 peneliti mengumpulkan data melalui kuisioner dan wawancara. Guru Bahasa Inggris tersebut diwawancarai untuk mengumpulkan informasi tentang intensi beliau dalam memberikan komentar tertulis pada tulisan siswa. Sedangkan para siswa diminta untuk merespon kuisioner untuk mengetahui persepsi mereka terhadap komentar tertulis dari guru yang mereka dapatkan pada tulisan mereka. Enam siswa kemudian diwawancarai untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan mendalam tentang persepsi siwa terhadap komentar tertulis dari guru pada tulisan siswa. Data yang didapat dari kuisioner dan wawancara digabungkan dan diperlakukan sebagai data kualitatif. Setelah analisis data selesai dilakukan ditemukan bahwa guru memiliki tujuan untuk memotivasi siswa melalui memberikan komentar tertulis pada tulisan siswa. Fokus utama beliau adalah pada aspek isi. Lebih lanjut beliau lebih memilih memberikan komentar tertulis dalam bentuk tidak langsung. Dalam melakukan tindak lanjut setelah memberikan komentar tertulis beliau tidak meminta siswa untuk memerbaiki tulisan mereka berdasarkan komentar tersebut. Secara keseluruhan beliau berharap bahwa para siswa memerhatikan komentar tertulis yang beliau berikan pada tulisan mereka dan dapat memahaminya. Penelitian ini juga menghasilkan temuan tentang persepsi siswa. Para siswa berpikir bahwa tujuan utama dari komentar guru tertulis adalah untuk membantu mereka memerbaiki tulisan mereka. Mereka beranggapan bahwa komentar tertulis tersebut penting dan bermanfaat terutama dalam aspek tata bahasa. Secara keseluruhan para siswa memerhatikan komentar guru tertulis secara umum dan memahami komentar tertulis tersebut. Dengan membandingkan persepsi siswa dengan intensi guru maka dapat ditemukan apakah terdapat kesesuaian di antara keduanya atau tidak. Selain itu hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah intensi guru tercapai. Ternyata sebagian dari dari persepsi siswa sesuai dengan intensi guru sedangkan sebagian sisanya tidak. Perspesi siswa ditemukan sesuai dengan intensi guru dalam hal perhatian dan pemahaman siswa terhadap komentar guru tertulis manfaat komentar guru tertulis pentingnya komentar guru tertulis dan tujuan jangka panjang dari komentar guru tertulis tersebut. Di sisi lain persepsi siswa tidak sesuai dengan intensi guru dalam hal tujuan utama dari komentar guru tertulis focus yang paling penting dalam komentar guru tertulis bentuk komentar tertulis yang lebih disukai serta tindak lanjut yang diharapkan. Dari kesimpulan dapat disarankan supaya guru mengumpulkan lebih banyak informasi tentang persepsi siswa terhadap komentar tertulis dari guru untuk meningkatkan kualitas komentar tertulis dari guru. Para siswa sebaiknya mencoba untuk memahami dan menggunakan komentar tertulis dari guru dengan sebaik-baiknya. Yang terakhir peneliti-peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut lebih banyak aspek mengenai komentar tertulis dari guru seperti keefektikfannya dan variasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item