Ulya, Firda Dzurriyatunal (2014) Sikap moral dalam novel 9 Summers 10 Autumns dan potensinya sebagai sumber bahan ajar sastra berbasis pendidikan karakter pada jenjang SMP / Firda Dzurriyatunal Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ulya Firda Dzurriyatunal. 2013. Sikap Moral dalam Novel 9 Summers 10 Autumn dan Potensinya sebagai Sumber Bahan Ajar Sastra Berbasis Pendidikan Karakter pada Jenjang SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata Kunci novel moral individu moral sosial moral religi sumber bahan ajar pembelajaran sastra SMP pendidikan karakter. Karya fiksi memiliki dua fungsi yaitu memberi kesenangan (dulce) dan manfaat (utile). Karya fiksi memberikan kesenangan artinya pembaca dapat menikmati cerita dan menghibur diri untuk mendapatkan kepuasan batin. Adapun karya fiksi memberikan manfaat artinya pembaca dapat memetik pesan moral yang dapat memperluas wawasan pembaca tentang kehidupan. Moral dalam karya fiksi biasanya mencerminkan pandangan hidup dan nilai-nilai luhur yang diyakini oleh pengarang untuk disampaikan kepada pembaca. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memudahkan guru memilih novel berkualitas yang dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar yang sesuai dengan pendidikan karakter. Pembelajaran sastra mengenai novel tidak hanya mengenalkan novel dari segi keindahan sastra tetapi juga mengajarkan nilai-nilai yang berguna sebagai pembelajaran untuk memahami hidup dari kisah perjalanan hidup tokoh yang terdapat dalam novel. Salah satu karya sastra yang mendapat komentar positif dari pembaca adalah novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Novel ini menceritakan kisah hidup Iwan yang penuh dengan kerja keras dan perjuangan. Novel ini berpotensi untuk dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. Sikap moral yang terkandung dalam novel 9 Summers 10 Autumns yaitu sikap moral individu sikap moral sosial dan sikap moral religi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sikap moral individu novel 9 Summers 10 Autumns (2) mendeskripsikan sikap moral sosial novel 9 Summers 10 Autumns (3) mendeskripsikan sikap moral religi novel 9 Summers 10 Autumns dan (4) mendeskripsikan potensi novel 9 Summers 10 Autumns sebagai sumber bahan pembelajaran sastra berbasis pendidikan karakter pada jenjang SMP. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel 9 Summers 10 Autumns dan penuturan responden. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat paragraf atau dialog dalam novel 9 Summers 10 Autumns dan data tentang potensi novel 9 Summers 10 Autumns sebagai sumber pembelajaran berupa hasil angket Guru Bahasa Indonesia terkait potensi novel sebagai sumber bahan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh empat simpulan berikut. Pertama sikap moral individu tokoh utama yang terkandung dalam novel9 Summers 10 Autumns memiliki tiga klasifikasi besar yaitu (1) memanfaatkan seluruh potensi kemampuan dan keterampilan yang dimiliki (2) bersikap baik dan tidak merugikan orang lain dan (3) memperlakukan diri dengan baik dan hormat. Sikap moral yang berkaitan dengan memanfaatkan seluruh potensi kemampuan dan keterampilan yang dimiliki meliputi (a) semangat belajar (b) optimis (c) kerja keras (d) berani bermimpi dan (e) selalu belajar dari orang lain. Sikap moral yang berhubungan dengan sikap baik dan tidak merugikan orang lain meliputi (a) besar hati (b) sabar (c) tanggung jawab (d) cinta lingkungan dan (e) introspeksi diri. Nilai moral yang berkaitan dengan sikap memperlakukan diri dengan baik dan hormat meliputi (a) kebahagiaan diri dan (b) harga diri. Kedua Sikap moral sosial tokoh utama novel 9 Summers 10 Autumns memiliki dua klasifikasi besar yaitu (1) menjaga kerukunan dan kedamaian dan (2) menghormati orang lain. Sikap moral sosial tokoh utama yang berhubungan dengan menjaga kerukunan dan kedamaian yaitu (a) saling berbagi (b) kerja sama (c) silaturrahmi (d) balas budi dan (e) cinta keluarga. Ketiga sikap moral religi tokoh utama novel 9 Summers 10 Autumns diklasifikasikan menjadi empat yaitu (1) taat (2) berserah diri kepada Tuhan (3) bersyukur dan (4) bertaubat. Keempat novel 9 Summers 10 Autumns berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber bahan pembelajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran pertama bagi pembaca disarankan untuk membaca novel 9 Summers 10 Autumns dan dapat mengambil pelajaran atau hikmah yang ada di dalamnya. Kedua bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti novel 9 Summers 10 Autumns dari aspek-aspek lain yang belum diteliti. Dengan adanya pengembangan penelitian di bidang sastra maka hasil penelitiannya pun akan beragam. Ketiga bagi penulis karya sastra disarankan untuk menulis karya sastra yang bertema seperti novel 9 Summers 10 Autumns yang memiliki nilai moral dan pendidikan di dalamnya. Novel yang demikian tidak hanya memberikan hiburan semata tetapi juga memberikan pelajaran yang dapat diambil setelah membaca novel. Keempat bagi pendidik atau guru disarankan untuk memanfaatkan novel 9 Summers 10 Autumns atau novel-novel yang bermuatan nilai moral sebagai sumber bahan ajar dalam melaksanakan pembelajaran sastra khususnya pembelajaran yang menggunakan novel sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/107419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |