Kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri kawasan Tugu Malang / Marcellina Yuniarta Anandika - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri kawasan Tugu Malang / Marcellina Yuniarta Anandika

Anandika, Marcellina Yuniarta (2014) Kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri kawasan Tugu Malang / Marcellina Yuniarta Anandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anandika Marcellina Yuniarta. 2013. Kinerja Pedagogis Guru Bahasa Indonesia Tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Kawasan Tugu Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs M.Pd (II) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata kunci kinerja pedagogis guru perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran. Guru adalah jantung dari pendidikan karena tanpa guru pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Guru bertugas sebagai pendidik dan pengajar peserta didik. Sebagai pendidik guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan teladan dan arahan terhadap peserta didik seperti halnya pengganti orang tua di rumah. Guru sebagai pengajar yaitu guru yang memberikan pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Peraturan Pemerintah RI No. 74 tahun 2008 tentang Guru memaparkan bahwa kompetensi pedagogis merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik sekurang-kurangnya meliputi (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan (2) pemahaman terhadap peserta didik (3) pengembangan kurikulum dan silabus (4) perancangan pembelajaran (5) pelaksanaan pembelajaran (6) evaluasi hasil belajar dan (7) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Artinya kompetensi pedagogis dapat juga dimaknai sebagai kemampuan mengelola pembelajaran yang perlu untuk dilakukan dengan baik oleh seorang guru. Maka dari itu untuk mengetahui kompetensi pedagogis guru bahasa Indonesia SMA Negeri yang ada di kawasan Tugu Malang (SMAN 1 SMAN 3 dan SMAN 4) sebagai sekolah favorit peneliti mengadakan penelitian tentang kompetensi pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi di Sekolah Menengah Atas yang ada di kawasan Tugu Malang. Tujuan dari penelitian evaluatif ini yaitu (1) mendeskripsikan kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri kawasan Tugu Malang dilihat dari perencanaannya dan (2) mendeskripsikan kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran dan (3) mendeskripsikan kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan evaluasi. Ada empat insrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni pedoman wawancara untuk mendapatkan data berupa informasi dari guru pedoman observasi dengan data berupa transkrip kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik dan pedoman studi dokumentasi dengan data berupa RPP yang dibuat oleh guru. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif evaluatif. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini ditarik kesimpulkan sebagai berikut. Pertama kinerja pedegogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri dilihat dari perencanaannya keenam guru telah menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sebelum mengajar dengan mengembangkan tiap-tiap komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran tersebut. Keenam RPP tersebut memiliki kekuatan dan kelemahan tetapi masih memerlukan upaya pemenuhan indikator. Kedua kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran enam guru yang terdiri dari guru-guru bahasa Indonesia di SMA Negeri Tugu Malang yang diteliti semuanya telah menjalankan kompetensi pedagogis dengan baik. Guru memahami karakter peserta didik menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik dan berkomunikasi secara empatik dan santun telah dilakukan oleh keenam guru. Keenam guru telah memenuhi indikator kinerja pedagogis dalam pelaksanaan pembelajaran namun masih perlu meningkatkan kembali agar lebih optimal. Ketiga kinerja pedegogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri dalam pelaksanaan evaluasi telah dilakukan dengan baik oleh keenam guru. Guru-guru melaksanakan evaluasi dengan menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar serta melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Keenam guru telah melampaui standar kinerja pedagogis dalam penilaian yaitu guru telah melampaui standar yang telah ditetapkan dan memenuhi kriteria kinerja pedagogis dalam hal mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107418

Actions (login required)

View Item View Item