Pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Linda Dewi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Linda Dewi Wulandari

Wulandari, Linda Dewi (2014) Pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Linda Dewi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Linda Dewi. 2013. Pembelajaran Menulis Proposal pada Siswa Kelas 12288 12288 12288 12288 XII SMKN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.pd. (II) Dewi Pusposari S.Pd. MPd. Kata Kunci pembelajaran menulis proposal 12288 12288 12288 Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat aspek keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Salah satu keterampilan menulis dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis proposal. Proposal merupakan rancangan/usulan yang berisi gambaran suatu penelitian/kegiatan. Pembelajaran menulis proposal menjadi penting karena melalui proposal pembaca mampu mengetahui kualitas penelitian atau kegiatan yang akan dilakukan. Pembelajaran menulis proposal penting untuk diteliti karena pembelajaran ini masih menyisakan sejumlah masalah yang serius. Berbagai penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa kemampuan menulis sejak tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi masih memprihatinkan. 12288 12288 12288 Ada beberapa permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini meliputi bagaimanakah perencanaan pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014 bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014 dan bagaimanakah evaluasi pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XII SMKN 3 Malang jurusan kecantikan rambut. Data penelitian ini terdiri atas tiga data. Pertama data analisis RPP berwujud dokumen RPP menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana. Kedua data observasi pembelajaran berwujud transkrip pelaksanaan pembelajaran menulis proposal yang terdiri atas tuturan guru dan siswa selama pembelajaran. Ketiga data evaluasi pembelajaran berwujud alat proses dan pegolahan hasil evaluasi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang pada tahun 2013/2014 meliputi (1) RPP yang digunakan disusun sendiri oleh guru (2) pelaksanaan pembelajaran menulis proposal dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup serta (3) evaluasi pembelajaran menulis proposal telah menunjukkan adanya penilaian proses dan penilaian hasil. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107415

Actions (login required)

View Item View Item