Kemampuan membaca cepat teks aksara Jawa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare tahun ajaran 2013/2014 / Orienda Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca cepat teks aksara Jawa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare tahun ajaran 2013/2014 / Orienda Wulansari

Wulansari, Orienda (2014) Kemampuan membaca cepat teks aksara Jawa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare tahun ajaran 2013/2014 / Orienda Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulansari Orienda. 2013. Kemampuan Membaca Cepat Teks Aksara Jawa Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunoto M.Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata kunci kemampuan membaca membaca cepat teks aksara Jawa 12288 12288 12288 12288 Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika siswa memiliki kemampuan membaca maka ia tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang. Salah satu kemampuan membaca pada bidang studi adalah kemampuan membaca cepat teks aksara Jawa. Kemampuan membaca cepat teks aksara Jawa adalah kemampuan siswa untuk memahami informasi dalam sebuah teks aksara Jawa dengan waktu sesingkat-singkatnya. Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan membaca yang terus dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia tepatnya pembelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran bahasa Jawa merupakan muatan lokal yang diajarkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah salah satunya adalah siswa kelas IX SMP. Dengan demikian siswa kelas IX SMP sudah memperoleh pengalaman belajar membaca cepat teks aksara Jawa yang lebih intensif karena telah diajarkan sejak sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) kecepatan membaca 2) kemampuan mengenal huruf Jawa 3) kemampuan mengingat 4) kemampuan membuat kategori dan 5) kemampuan menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare yang berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sample. Kelas dipilih sebagai sampel adalah kelas IX C dengan jumlah sampel sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu tes membaca cepat. Instrumen yang digunakan adalah butir soal tes membaca cepat dan lembar penilaian. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan tahap pengkodean dan tahap penilaian data yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama persentase kecepatan membaca yang dinyatakan rendah. Sebesar 100% sampel kecepatan membacanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107413

Actions (login required)

View Item View Item