Pengaruh metode analisis-sintesis terhadap kemampuan menulis esai siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan / Wida Setya Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode analisis-sintesis terhadap kemampuan menulis esai siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan / Wida Setya Purnama

Purnama, Wida Setya (2014) Pengaruh metode analisis-sintesis terhadap kemampuan menulis esai siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan / Wida Setya Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purnama Wida Setya. 2013. Pengaruh Metode Analisis-Sintesis terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Moch. Syahri S.Sos M.Si. Kata Kunci Metode Analisis-Sintesis Kemampuan Menulis Esai. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Esai merupakan salah satu jenis tulisan yang memiliki tingkat kebermanfaatan tinggi di masyarakat. Untuk itu menulis esai perlu dibelajarkan pada siswa. Penulisan esai menuntut kemampuan analisis dan sintesis yang baik. Berdasarkan hal itu diaplikasikanlah sebuah metode yang dioperasionalkan dari kemampuan berpikir yaitu metode Analisis-Sintesis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan dugaan bahwa terdapat pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan menulis esai. Adapun tujuan penelitian ini secara lebih rinci dirumuskan menjdi dua yakni menguji (1) pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan menulis esai siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan secara umum dan (2) pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap masing-masing aspek esai. 12288 12288 12288 12288 Desain dari penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Magetan dengan sampel kelas XII IPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas XII IPA 5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen dikenai perlakuan metode Analisis-Sintesis dan kelas kontrol dikenai perlakuan metode guru (Menulis Bebas-Ceramah). Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan yaitu (1) silabus (2) RPP (3) LKS dan instrumen pengukuran yaitu perintah-petunjuk menulis esai serta rubrik penskorannya. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan siswa dalam menulis esai. Secara khusus metode Analisis Sintesis paling berpengaruh pada (1) penentuan topik (2) perumusan judul (3) penulisan pendahuluan (4) pengembangan tubuh esai dan (5) kemampuan siswa dalam memenuhi ketentuan panjang esai. Ditinjau dari nilai rerata kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan temuan pada saat penelitian adalah (1) perlu diadakan penelitian bagi sekolah dengan kondisi serupa (2) metode bisa digunakan untuk materi lain dan (3) pembelajaran tentang kebahasaan dan ejaan bisa dibuat lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107410

Actions (login required)

View Item View Item