Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video Opera Van Java untuk siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang / Nana Fibri Yani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video Opera Van Java untuk siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang / Nana Fibri Yani

Yani, Nana Fibri (2013) Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video Opera Van Java untuk siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang / Nana Fibri Yani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yani Nana Fibri. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Naskah Drama dengan Media Video Opera Van Java. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M. Pd. (2) Indra Suherjanto S.Pd M.Sn. Kata kunci Pembelajaran menulis Menulis kreatif naskah drama Media video Opera Van Java Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis mempunyai peranan penting karena menulis merupakan usaha untuk menuangkan ide pikiran perasaan dan kemauan dengan wahana bahasa tulis. Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran menulis dapat tercapai secara optimal. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui pembelajaran menulis siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Jombang perlu ditingkatkan. Kemampuan menulis siswa masih rendah dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah tersebut terutama pada kemampuan menulis naskah drama. Berdasarkan alasan-alasan tersebut penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil menulis naskah drama pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri I Diwek Jombang dengan menggunakan media video Opera Van Java.Video Opera Van Java digemari masyarakat termasuk siswa-siswi SMP. Opera Van Java memiliki pesan didaktis dan disajikan dalam bentuk komedi. Video Opera Van Java dapat disaksikan masyarakat melalui salah satu stasiun televisi yang ternama karena tidak ada unsur pornografi dan dalam video Opera Van Java terdapat unsur-unsur intrinsik drama yang dapat menjadi sumber inspirasi dalam pembelajaran menulis naskah drama. Penggunaan media video Opera Van Java diharapkan dapat menambah minat semangat dan motivasi siswa dalam belajar siswa tentang menulis naskah drama sehingga pembelajaran menulis dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Manfaat penelitian ini adalah membantu siswa dalam mengatasi kesulitan pembelajaran khususnya menulis naskah drama memotivasi siswa untuk belajar dan melatih siswa melakukan menulis secara efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan penugasan. Alat pengambilan data yang digunakan berupa lembar penugasan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Media Opera Van Java dapat meningkatkan proses pembelajaran hal ini terlihat dari antusias dan motivasi siswa dalam pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan iklim kerjasama yang baik keefisienan waktu dan kreativitas serta imanjinasi siswa berkembang dengan baik. Media Opera Van Java dapat meningkatkan hasil menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Jombang. Setelah diberi tindakan dengan menggunakan media video Opera Van Java pada siklus I rata-rata kemampuan siswa dalam menulis naskah drama mengalami peningkatan. Rerata siswa kelas VIII-F pada prasiklus sebesar 65 5. Setelah diberi tindakan mengalami peningkatan skor menjadi 72 2 dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali hingga mencapai skor 85 2. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya adalah kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Jombang bisa ditingkatkan dengan media video Opera Van Java sehingga KKM bisa tercapai. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan kepada guru untuk menggunakan media video Opera Van Java sebagai media dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama karena dapat meningkatkan memotivasi siswa sehingga hasil belajar dapat tercapai secara optimal. Kepada peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatan pembelajaran dengan kompetensi dasar lainnya dengan menggunakan media video Opera Van Java.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107383

Actions (login required)

View Item View Item