Pengembangan media kartu untuk pembelajaran menulis parikan siswa SMP kelas VII / Willyawan Anggri Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kartu untuk pembelajaran menulis parikan siswa SMP kelas VII / Willyawan Anggri Widodo

Widodo, Willyawan Anggri (2013) Pengembangan media kartu untuk pembelajaran menulis parikan siswa SMP kelas VII / Willyawan Anggri Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widodo Willyawan Anggri. 2013. Pengembangan Media Kartu untuk Pembelajaran Menulis Parikan Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd (2) Karkono S.S. M.A Kata Kunci media pembelajaran pembelajaran menulis parikan Pembelajaran Bahasa Daerah khususnya bahasa Jawa di sekolah juga tidak hanya memberikan materi kepada siswa tetapi juga untuk melatih siswa supaya bisa menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi sehari-hari. Selain itu pembelajaran Bahasa Daerah merupakan cara yang tepat untuk melestarikan budaya khususnya budaya Jawa yang kini mulai ditinggalkan. Pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah sangat sulit jika hanya diberikan melalui metode ceramah saja karena kurang dimengerti dan dipahami oleh siswa. Oleh sebab itu perlu adanya media yang dapat membantu guru menyampaikan materi kepada siswa. Dengan bantuan media pembelajaran siswa dapat belajar bahasa daerah dengan menyenangkan. Penelitian bertujuan (1) menghasilkan media pembelajaran menulis parikan (2) merumuskan cara penggunaan media dan (3) menemukan kesulitan-kesulitan penggunaan media menulis parikan bagi siswa SMP kelas VII. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan adaptasi prosedur dan pengembangan media yang dikembangkan Sadiman (2010). Adaptasi prosedur yang dimaksud yakni (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan instruksional (3) mengembangkan materi pembelajaran (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan atau evaluasi media (5) menyusun naskah media (6) memproduksi media (7) menguji coba media dan (8) merevisi media. Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali yaitu (1) uji ahli materi (2) uji ahli media pembelajaran (3) uji praktisi dan (4) uji lapangan atau uji siswa. Uji coba yang dilaksanakan empat kali ini menggunakan angket yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Dari angket yang digunakan dalam uji coba ini dihasilkan data. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa saran dan komentar yang dituliskan dalam angket atau secara lisan. Data verbal ini dianalisis apa adanya. Data nonverbal yang berupa skor penilaian juga dianalisis. Kedua data digunakan sebagai pertimbangan revisi akhir produk. Media pembelajaran menulis parikan ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar menulis parikan siswa SMP. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan media ini dan siswa dapat menggunakan media ini secara mandiri di luar sekolah. Pengembangan media ini dapat dijadikan sumber informasi sumber inspirasi dan dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk pengembangan media lain untuk pembelajaran yang lain selain pembelajaran menulis parikan dalam pembelajaran Bahasa Daerah khususnya bahasa Jawa. Selanjutnya produk pengembangan media ini dapat disebarluaskan melalui jurnal pendidikan dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107376

Actions (login required)

View Item View Item