Penerapan media lembar balik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Selviana Dea Panary - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media lembar balik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Selviana Dea Panary

Selviana Dea (2013) Penerapan media lembar balik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Selviana Dea Panary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panary Selviana Dea. 2013. Penerapan Media Lembar Balik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si. (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata kunci Media Lembar Balik Aktivitas Belajar Hasil Belajar PKn SD 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dilakukan pada kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang pada waktu pembelajaran PKn nampak aktivitas siswa masih terbatas pada membaca buku dan mengerjakan soal tidak ada penggunaan media untuk membantu penyampaian materi. Akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 38 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 41% sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan adalah 65. 12288 12288 12288 12288 Agar dapat meningkatkan pembelajaran PKn perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan media pembelajaran lembar balik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan media lembar balik pada pembelajaran PKn (2) aktivitas siswa selama pembelajaran PKn dengan media lembar balik (3) hasil belajar PKn siswa setelah diterapkan media lembar balik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu modifikasi APKG 1 modifikasi APKG 2 lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lembar balik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Lowokwaru 5 dapat dilaksanakan sesuai harapan peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam penerapan media. Aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh 53% dan pada siklus II menjadi 66%. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 61 9 pada siklus I menjadi rata-rata 68 28. 12288 12288 12288 12288 12288 Peningkatan tersebut terjadi dikarenakan guru telah mampu memfokuskan perhatian siswa pada materi dengan menggunakan media lembar balik. Siswa menjadi lebih terfokus memperhatikan materi yang diberikan dan antusias terbukti dari banyak siswa yang mengangkat tangan menjawab pertanyaan. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penggunaan media lembar balik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV di SDN Lowokwaru 5. Berdasarkan hasil penelitian maka diberikan saran agar media lembar balik dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif bagi guru dalam memperlancar pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107307

Actions (login required)

View Item View Item