Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Edwin Akbar Salles - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Edwin Akbar Salles

Edwin Akbar (2013) Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Edwin Akbar Salles. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar menulis deskripsi pendekatan keterampilan proses Berdasarkan hasil observasi pratindakan ada beberapa permasalahan dalam melaksanakan menulis karangan deskripsi di antaranya siswa sulit dalam menemukan ide atau gagasan belum mampu mengembangkan paragraf dengan baik belum mampu menceritakan rangkaian peristiwa yang terjadi secara runtut dalam bentuk bahasa tulis dan kurang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada setiap tahap. Pada pembelajaran pratindakan nilai rata-rata siswa sebesar 63 siklus I sebesar 80 dan siklus II sebesar 87. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 36% siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 93%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis karangan deskripsi terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas V dalam menulis karangan deskripsi. Maka disarankan agar guru menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107190

Actions (login required)

View Item View Item