Peningkatan hasil belajar PKn melalui model STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Dwi Kurniawan Helwend - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Dwi Kurniawan Helwend

Dwi Kurniawan (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Dwi Kurniawan Helwend. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan hasil belajar PKn model stad. Berdasarkan hasil observasi Pembelajaran PKn di SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar masih menggunakan pembelajaran tradisional. Dalam pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan mandiri. Dengan demikian proses pembelajaran masih didominasi oleh kesibukan guru dalam materi pembelajaran sedangkan siswa hanya dituntut untuk mendengarkan secara tertib dan tenang tanpa terlibat langsung dalam pembelajaran tersebut. Disamping itu nilai siswa dari 15 siswa hanya 5 siswa yang hasil diatas KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas IV SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. (2) Mendeskripsikan pembelajaran model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian tindakan kelas ini digunakan dua siklus tiap siklus mempunyai empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Capaian pelaksanaan pembelajaran model STAD pada siklus I sebesar 56% dengan kriteria belum tuntas dengan capaian pada siklus II 87% dengan kriteria tuntas. (2) Capaian hasil belajar siswa melalui pembelajaran model STAD pada siklus I sebesar 33% dengan kriteria belum tuntas dan capaian hasil belajar pada siklus II sebesar 80% dengan kriteria tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Peningkatan yang terjadi sebesar 47% (dari siklus I 33% ke siklus II 80 %). Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan simpulan tersebut adalah (1) Kepada guru disarankan hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai model pembelajaran (2) Kepada siswa disarankan untuk bersungguh-sungguh dalam bekerja kelompok agar pencapaian hasil dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107177

Actions (login required)

View Item View Item