Transformasi Strategi dalam Berpikir Konektif Siswa Pada Penyelesaian Masalah Matematika - Repositori Universitas Negeri Malang

Transformasi Strategi dalam Berpikir Konektif Siswa Pada Penyelesaian Masalah Matematika

Tasni, Nurfaida (2019) Transformasi Strategi dalam Berpikir Konektif Siswa Pada Penyelesaian Masalah Matematika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proseskognitifdalammembuatpengaitanantaraide-idematematisketikamenyelesaikanmasalahmerupakanprosesberpikirkonektifyangterdiridaritigakategoriyaitusederhanasemiproduktifdanproduktif.Berpikirkonektifsederhanaadalahproseskognitifdalammenghubungkanide-idematematisakantetapiide-idetersebuthanyasekedardihubungkandantidakbisadigunakanuntukmengonstruksiide-idebaruyangdiperlukandalamprosespenyelesaianmasalah.Berpikirkonektifsemiproduktifadalahproseskognitifdalammenghubungkanide-idematematisdimanaide-ideyangdihubungkanhanyadapatdiinterpretasikanuntukmenyelesaikanmasalahsederhanasedangkanberpikirkonektifproduktifadalahproseskognitifdalammenghubungkanide-idematematisdimanaide-ideyangdihubungkandapatdigunakanuntukmengonstruksiide-idebarusampaimembentukskemajaringanberpikirkonektifyangdapatdiinterpretasikanuntukmenyelesaikanmasalahyanglebihkompleks.Olehkarenaitusiswayangmemilikikecenderunganberpikirkonektifsederhanadansemiproduktifhanyamampumembangunhubunganantaraide-idekoneksiberdasarkaninformasiyangdiberikandantidakmampumembangunide-idebaruberdasarkanhubungantersebut.Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikantransformasistrategidalamberpikirkonektifsiswapadapenyelesaianmasalahmatematika.Jenispenelitianadalahpenelitiankualitatif.Subjekpenelitiandipilihdari85orangsiswaSMAKelasXIyangtelahmempelajarimateriGeometribangundatararitmetikapolabilangandanaljabar.Selanjunyasiswadiberikantesawaluntukmengidentifikasikecenderunganberpikirkonektifyangdimiliki.BerdasarkanTesawaldiperolehdata59orangsiswayangberadadalamkecenderunganberpikirkonektifsederhana16orangsiswayangberadapadakecenderunganberpikirkonektifsemiproduktifdan7orangsiswayangberadapadakecenderunganberpikirkonektifproduktif.Karenafokuspenelitianmelihattransformasistrategidalamberpikirkonektifyangakhirnyamemicuterjadinyaperubahanberpikirkonektifkearahyanglebihproduktifmakapengambilansubjekdifokuskanpadakelompoksiswayangberadapadakecenderunganberpikirkonektifsederhanadansemiproduktif.Siswayangberadadalamkecenderunganberpikirkonektifsederhanadansemiproduktifselanjutnyadiamatitransformasistrateginyadalammembangunkoneksiawaldankoneksiakhirmelaluiprosesthink-aloudIdanIIpadapenyelesaianmasalahmatematika.Selanjutnyadilakukanpemilihansubjekdenganmenggunakanmetodeperbandingantetapyaitudiambilduasubjekuntuksetiapkategoritransformasistrategi.Penelitisebagaiinstrumentutamapenelitiandaninstrumentpenelitianpendukungadalahhasilthink-aloudhasilkerjatertulisdanhasilwawancarasebelumdansetelahrefleksiyangdiperolehketikasiswamenyelesaikantugaspenyelesaianmasalahkoneksi.Semuadatayangdiperolehdianalisismenggunakananalisisdatakualitatif.PenelitianinimenemukantigakategoritransformasistrategidalamberpikirkonektifsiswasetelahrefleksiyaituTransformasiStrategiConnectivePlanningProcessTransformasiStrategiConnectiveThinkingActiondanTransformasiStrategiConnectiveDesiredResult.TransformasiStrategiConnectivePlanningProcessyaitutransformasistrategikonektifsiswayangterjadidenganmenemukaninformasiyanglogisdanmasukakaluntukmerancangstrategipenyelesaianmasalahmelaluipengumplandatayangterfokusdaninterpretasidatayangsesuaiagardiperolehkeputusanyangreliabelterhadapide-idekoneksisehinggamampumerencanakanaksiyangstrategis.TransformasiStrategiConnectiveThinkingActionyaitutransformasistrategikonektifsiswayangterjadidenganmemverifikasidanmemutuskanuntukmengolahmasalahmelaluipengecekandanprosesevaluasiberkelanjutanuntukmenyusunbeberapaskenarioberdasarkanide-idekoneksiyangdibangunagarmampumemutuskanpenggunaansuatustrategiyangtepatuntukmenemukansolusimasalah.TransformasiStrategiConnectiveDesiredResultyaitutransformasistrategikonektifsiswayangterjadidenganmengevaluasidanmerekonstruksiseluruhprosespenyelesaianmasalahmelaluigambaranyangjelastentangstrategiberpikirdanmembangunide-idekoneksibaruyangsesuaisehinggaterbentukskemajaringanberpikirkonektifyangdapatdiinterpretasikandalammenemukansolusimasalahkompleksyangdapatdigeneralisasikanpadadomainpenyelesaianmasalahlainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:42
Last Modified: 17 Dec 2020 07:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item