Perbedaan retensi Siswa Kelas V SDN Sumbersari I Malang Yang Menggunakan Advance Organizer Dengan retensi Siswa Kelas V SDN Sumbersari IV Malang Yang Menggunakan Peta Konsep Dalam Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Makanan, Alat Pencernaan, dan Kesehatan oleh Abdurahman

Abdurahman (2010) Perbedaan retensi Siswa Kelas V SDN Sumbersari I Malang Yang Menggunakan Advance Organizer Dengan retensi Siswa Kelas V SDN Sumbersari IV Malang Yang Menggunakan Peta Konsep Dalam Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Makanan, Alat Pencernaan, dan Kesehatan oleh Abdurahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar bermakwra (meaningful leaming) mervpakan suatu proses mengaitkanin formasi baru padak onsep-konsepr elevany ang terdapatd alam sfiuktur kognitifseseorang. Keuntungan belajar bennakna dibandingkan belajar hafalan adalah informasi yang dipelajari lebih mudah diingat serta memudahkan prosesb elajarb erikutnya. Banyak komponens trategip embelajarany ang dipreskripsikano leh para ahli pendidikan agar belajar menjadi bennakna.A usubel sendirim ernpert<enalkakno nsepd vance organizer danNovak mengajukanp eta konsepa taup emetaank onsep agarb elajar menjadi bermalna. Tetapi sayangny4 walaupun belajar hafalan kurang efektifbila dibandingkan dengan belajar bermakn4b anyakp embelajaranm asih mendasarkanp adanya. Penelitiani ni dilakukan untuk mencobam engembangkand ua strategi pembelajarans ecarab ermakn4 yaitu denganm enggunakura dvanceo rganizer, danp etak onsep,s ekaligusb ertujuanu ntuk mengetahuip erbedaanr etensia ntara sisway ang menggunakana dvanceo rganizer denganr etensi sisway ang menggunakanp etak onsepd alam mata pelajaran IPA pokok bahasanm akanan, alatp encernaand, an kesehatans etelahja ngka waktu I minggu, dan 2 minggu. Unhrk mencapai tujuan penelitian tersebut, dilakukan dengan rancangan penelitiane ksperimantalD. alam rancanganp enelitian ini terdapatd ua kelompok sarnpely, aitu siswak elas V SDN SumbersariI Malang tahun ajaran2003/2004 sebagaki elompok sampely ang menggunakana dvanceo rganizer, dan siswak elas V SDN Sumbersari IV Malang tahun ajaran 200312004 sebagai kelompok sampel yang mmggunakan peta konsep. Ternuan-temuanp enelitian denganm engunakanu ji t menunjukkanb ahwa: (l) tidak adap erbedaanr etensi siswak elas V SDN SumbersarIi Malang yang diajm menggunakm advance organizer dengan retensi siswa kelas V SDN SumbersarIiV yang diajar menggunakanp eta konsepd alam mata pelajaran IPA pokok bahasanm akanan,a lat pencemaand, an kesehatans *elah jangkawaktu 1 minggu; dan (2) tidak ada perbedaan retensi siswa kelas V SDN Sumbersari I Malangy ang diajar menggunakana dvanceo rganizer dvtgan retensi siswak elas V SDN Sumbersari IV yang diajar menggunakan peta konsep dalam mata pelajaran IPA pokok bahasanm akanan,a lat pencernaand, an kesehatans etelah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item