Peningkatan keterampilan memahami isi teks bacaan melalui media buku cerita bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indinesia kelas II SDN Jatimulyo 1 malang / Maya Kristiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan memahami isi teks bacaan melalui media buku cerita bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indinesia kelas II SDN Jatimulyo 1 malang / Maya Kristiningrum

Maya (2012) Peningkatan keterampilan memahami isi teks bacaan melalui media buku cerita bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indinesia kelas II SDN Jatimulyo 1 malang / Maya Kristiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Memahami isi teks bacaan buku cerita bergambar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Hasil pengamatan pada siswa kelas II SDN Jatimulyo I ditemukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca belum terlaksana dengan optimal. Siswa terlihat kurang berminat dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru karena (1) siswa belum bisa memahami kosakata yang ada dalam bacaan. (2) siswa belum bisa memahami kalimat yang ada dalam bacaan. (3) siswa belum bisa memahami isi paragraf dalam bacaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan proses penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi teks bacaan melalui media buku cerita bergambar dalam pembelajaran memahami isi teks bacaan siswa. Pemecahan masalah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan tes observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa secara deskritif kualitatif. Hasil peneitian siklus I dan II menunjukkan perubahan positif terhadap hasil keterampilan siswa. Penggunaan buku cerita bergambar dapat meningkatkan keaktifan proses pra membaca dari rata-rata 2 3 menjadi 2 5 pada siklus II. Proses saat membaca dari 1 95 menjadi 2 5 di siklus ke II. Pada proses pasca membaca dari rata-rata 1 7 menjadi 2 2 di siklus II. Guru disarankan untuk menerapkan dan mengembangkan penggunaan media buku cerita bergambar tersebut ke dalam kompetensi atau materi lain sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. Dalam penelitian ini masih ada siswa yang belum menimgkat hasil keterampilan memahami isi teks bacaan. Hal ini disarankan untuk dapat ditingkatkan oleh peneliti-peneliti lain dalam kegiatan serupa sehingga hasil belajar bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106865

Actions (login required)

View Item View Item