Pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan siswa kelas V SDN Bumiayu IV Kota Malang / Kartika Wahyu W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan siswa kelas V SDN Bumiayu IV Kota Malang / Kartika Wahyu W.

Kartika Wahyu (2012) Pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan siswa kelas V SDN Bumiayu IV Kota Malang / Kartika Wahyu W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Gambar Seri Menulis Karangan SD Penggunaan Media Gambar seri adalah pengguaan media berbentuk dua dimensi yang menggambarkan ilustrasi yang saling berurutan. Kemampuan menulis karangan adalah kemampuan dalam menurunkan lambang-lambang grafis dalam satu bentuk tulisan yang tidak terikat oleh ketentuan-ketentuan baris kata suku kata atau huruf pada setiap barisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Bumiayu 04 Kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Jenis datanya meliputi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampel yaitu sebanyak 33 siswa. Analisis datanya menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri meliputi penggunaan media gambar seri menulis karangan dengan gambar seri pemahaman menulis karangan dengan gambar seri Pemahaman akan keruntutan cerita media gambar seri kerjasama kelompok keaktifan penyelesaian tugas. Sedangkan menulis karangan aspek penilaiannya meliputi ide cerita kesatuan gagasan pilihan kata dan keruntutan. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan Hasil uji menulis karangan didapat koefisien regresi i (pr) 0 000 dengan taraf signifikan 5% hasil uji hipotesis yang didapat phitung 0 00 p 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Bumiayu 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri hendaknya lebih diperhatikan lagi karena biaya yang lebih murah dan melibatkan peserta didik . Penggunaan media gambar seri pada pembelajaran bahasa Indonesia bisa digunakan pada mata pelajaran lain dengan lebih bervariasi lagi. bagi lembaga pendidikan pelatihan untuk pennggunaan media bisa lebih diefektifkan untuk memaksimalkan peningkatkan kualitas pembelajaran .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106692

Actions (login required)

View Item View Item