Peningkatan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV melalui pembelajaran Think Pair Share di SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Ratna Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV melalui pembelajaran Think Pair Share di SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Ratna Dewi

Ratna (2011) Peningkatan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV melalui pembelajaran Think Pair Share di SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Ratna Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis surat pribadi think pair share Salah satu keterampilan berbahasa yang sudah mulai dikembangkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar adalah keterampilan menulis. Menulis surat merupakan salah satu kompetensi kemampuan menulis yang harus dicapai oleh siswa. Menulis surat pribadi merupakan jenis surat yang pertama dikenalkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi di kelas IV SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dan apakah pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi di kelas IV SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk berfikir (thinking) diskusi berpasangan (pairing) dan berbagi (sharing) dengan kelompok besar dalam memecahkan suatu permasalahan dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Think Pair Share pada materi menulis surat pribadi dan untuk mengetahui apakah pembelajaran Think Pair Share mampu meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Saptorenggo 03 Kec. Pakis Kab. Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK model siklus Kemmis dan Taggart dengan langkah-langkah perencanaan tindakan pengamatan refleksi dan observasi.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Instrument yang digunakan pedoman observasi pedoman wawancara foto dan hasil tes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut penerapan pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Saptorenggo 03. Peningkatan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Saptorenggo 03 dinilai dari aspek kelengkapan bagian surat pribadi kepaduan paragraph isi surat dan penggunaan ejaan. Dilihat dari hasil belajar pada pre test 53% pada siklus 1 prosentase 62 5% dan pada siklus 2 prosentase 71 6%. Dilihat dari aktivitas siswa pada siklus 1 prosentase 69 3% sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 82 12%. Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Saptorenggo 03 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis surat pribadi. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi hendaknya menerapkan pembelajaran Think Pair Share sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106524

Actions (login required)

View Item View Item